Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Lanjutkan Pemberian Insentif PPN Rumah hingga Juni 2022

Rencana tersebut telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo. Pemberian insentif PPN DTP tersebut akan diberikan hingga Juni 2022.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 30 Desember 2021  |  15:23 WIB
Foto udara komplek perumahan di kawasan Gading Serpong, Kelapa Dua, Tangerang, Banten, Jumat (11/6/2021). Bisnis - Abdullah Azzam
Foto udara komplek perumahan di kawasan Gading Serpong, Kelapa Dua, Tangerang, Banten, Jumat (11/6/2021). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah akan melanjutkan pemberian insentif fiskal berupa pajak pertambahan nilai (PPN) yang ditanggung pemerintah (DTP) untuk pembelian rumah pada 2022.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa rencana tersebut telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo. Pemberian insentif PPN DTP tersebut akan diberikan hingga Juni 2022.

“Untuk insentif fiskal, PPN DTP untuk rumah disetujui oleh bapak Presiden, namun besarannya dikurangi,” katanya dalam video conference, Kamis (30/12/2021).

Airlangga menjelaskan, untuk penyerahan rumah tapak atau unit hunian rumah hingga Rp2 miliar akan diberikan insentif PPN DTP sebesar 50 persen.

Sementara itu, untuk penyerahan rumah tapak atau unit hunian rumah mulai dari Rp2 miliar hingga Rp5 miliar akan diberikan insentif PPN DTP sebesar 25 persen.

“Besarannya dikurangi, jadi untuk Rp0-Rp2 miliar sebesar 50 persen [PPN DTP], untuk Rp2-Rp5 miliar 25 persen,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah mengalokasikan anggaran untuk insentif PPN DTP pembelian rumah sebesar Rp960 miliar, dan realisasinya mencapai 100 persen.

Adapun pada 2022, pemerintah telah menetapkan anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp414,1 triliun.

Jika dirincikan, Rp117,9 triliun dialokasikan untuk bidang kesehatan, Rp154,8 triliun untuk bidang perlindungan sosial, dan Rp141,4 triliun untuk penguatan pemulihan ekonomi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

fiskal perumahan ppn
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top