Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kenaikan Harga Batubara Bikin IHPB Diwarnai Inflasi 0,32 Persen di November 2021

Sektor industri juga mengalami inflasi yang tinggi pada November 2021, sebesar 0,44 persen mtm. Kenaikan tersebut didorong oleh kenaikan harga sejumlah komoditas, di antaranya minyak goreng, bensn, pupuk urea, dan semen.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 01 Desember 2021  |  13:23 WIB
Tumpukan batu bara di dekat Train Loading Station (TLS) milik PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) di Muara Enim, Sumatra Selatan. PTBA menargetkan produksi batu bara hingga 37 juta ton pada tahun 2022 mendatang. - Bisnis / Aprianto Cahyo Nugroho
Tumpukan batu bara di dekat Train Loading Station (TLS) milik PT Bukit Asam Tbk. (PTBA) di Muara Enim, Sumatra Selatan. PTBA menargetkan produksi batu bara hingga 37 juta ton pada tahun 2022 mendatang. - Bisnis / Aprianto Cahyo Nugroho

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) mengalami inflasi sebesar 0,32 persen secara bulanan (month-to-month/mtm).

Kepala Badan Pusat Statistik Margo Yuwono menyampaikan, kontribusi terbesar pada kenaikan IHPB pada periode tersebut adalah sektor pertambangan dan penggalian, dengan mencatatkan inflasi sebesar 1,09 persen mtm.

“Dilihat dari komoditas penyebab inflasi, karena adanya kenaikan harga komoditas batubara,” katanya dalam konferensi pers virtual, Rabu (1/12/2021).

Di samping itu, Margo mengatakan sektor industri juga mengalami inflasi yang tinggi pada November 2021, sebesar 0,44 persen mtm.

Kenaikan tersebut didorong oleh kenaikan harga sejumlah komoditas, di antaranya minyak goreng, bensin, pupuk urea, dan semen.

Sementara, sektor pertanian tercatat mengalami deflasi sebesar 0,22 persen mtm. “Penyebabnya karena menurunnya harga tomat, kubis, bawang merah, dan cabai rawit,” jelas Margo.

Lebih lanjut, Margo menyampaikan IHPB konstruksi pada November 2021 pun mengalami kenaikan sebesar 0,54 persen mtm.

Kelompok bahan bangunan yang mengalami peningkatan harga di antaranya besi beton, semen, pipa PVC, rangka atap baja, dan besi konstruksi bangunan.

Di sisi lain, kelompok bahan bangunan yang mengalami penurunan harga, yaitu kayu dan serta paku, serta mur dan sejenisnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BPS batu bara indeks harga perdagangan besar
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top