Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inflasi Perdagangan Besar Tembus 0,67 Persen, Kena Dampak Restriksi Ekspor

Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) pada Juni 2022 mengalami inflasi sebesar 0,67 persen secara bulanan (month-to-month/mtm).
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 01 Juli 2022  |  10:41 WIB
Inflasi Perdagangan Besar Tembus 0,67 Persen, Kena Dampak Restriksi Ekspor
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono pada rilis data Indeks Harga Konsumen Juni 2021, Kamis (7/1/2021) - BPS

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) pada Juni 2022 mengalami inflasi sebesar 0,67 persen secara bulanan (month-to-month/mtm).

Adapun, tingkat inflasi tahun kalender pada Juni 2020 mencapai 3,50 persen sementara tingkat dari tahun ke tahun mencapai 4,97 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik Margo Yuwono mengatakan, kenaikan tertinggi terjadi pada sektor pertanian dengan inflasi sebesar 1,96 persen mtm, diikuti sektor pertambangan dan penggalian sebesar 1,27 persen dan industri sebesar 0,37 persen.

"Penyebab inflasi secara yoy menurut sektor ini untuk pertambangan dan penggalian ada kenaikan pada beberapa komoditas seperti aspal karena peningkatan harga komoditas minyak bumi," katanya dalam konferensi pers, Jumat (1/7/2022).

Sementara untuk industri yang bahan bakunya impor seperti pupuk, disebabkan oleh adanya restriksi ekspor di beberapa negara sejalan dengan kenaikan harga pupuk dalam negeri yang menyebabkan kenaikan. Namun, restriksi ekspor ini belum berdampak pada perdagangan eceran. Tidak menutup kemungkinan restriksi ekspor juga akan berpengaruh di Indeks Harga Konsumen atau IHK

Margo menambahkan, IHPB untuk kelompok bangunan/konstruksi pada Juni 2022 mengalami kenaikan sebesar 0,58 persen mtm. Adapun secara tahun kalender mencapai 3,02 persen dan tingkat inflasi dari tahun ke tahun sebesar 5,58 persen.

Komoditas yang mendorong kenaikan inflasi tersebut adalah aspal, solar, semen dan batu split.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi BPS indeks harga perdagangan besar
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top