Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indeks Harga Perdagangan Besar Mei 2022 Naik 0,22 Persen

Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) atau secara nasional pada Mei 2022 naik 0,33 persen secara bulanan.
Gandum dan tepung terigu. /Istimewa
Gandum dan tepung terigu. /Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) atau secara nasional pada Mei 2022 naik 0,33 persen secara bulanan (month-to-month/mtm).

Sebaliknya, HPB tahun kalender di Mei 2022 mencapai 2,81 persen dan inflasi secara tahunan mencapai 4,23 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik Margo Yuwono mengatakan kenaikan tertinggi terjadi pada sektor industri dengan inflasi sebesar 0,38 persen mtm.

Adapun beberapa komoditas industri yang justru mengalami peningkatan harga secara bulanan yaitu tepung terigu, daging sapi, dan mie kering instan sebesar 0,01 persen.

"Kalau dilihat bisa dikatakan sebagai respons dari kenaikan harga global," kata Margo dalam konferensi pers, Kamis (2/6/2022).

Kenaikan inflasi yang tinggi juga terjadi pada sektor pertanian sebesar 0,11 persen mtm.

Adapun penyebab utamanya adalah komoditas telur ayam ras sebesar 0,05 persen, bawang merah 0,04 persen, dan sawi 0,02 persen.

Sementara itu, kelapa sawit memberikan andil deflasi terdalam sebesar -0,21 persen akibat kebijakan pelarangan ekspor kelapa sawit yang diterapkan pemerintah pada 28 April lalu.

BPS juga mencatat inflasi pada sektor pertambangan dan penggalian pada Mei 2022 mencapai 0,06 persen mtm, didorong oleh batubara 0,004 persen, serta pasir dan garam 0,001 persen. 

"Saya ingin menyampaikan bahwa perkembangan harga global ini sudah mulai  merambat ke kita tapi masih pada level harga perdagangan besar belum sepenuhnya masuk ke harga konsumen," ungkap dia.

Di lain sisi, IHPB konstruksi pada Mei 2022 mengalami kenaikan sebesar 0,56 persen dibandingkan bulan sebelumnya. 

Adapun komoditas yang mendorong kenaikan inflasi adalah semen 0,13 persen, besi beton 0,09 persen, aspal 0,04 persen dan solar 0,04 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper