Primaduta Award 2021: Cerita Manis Dulces Las Delicias dari Produk Indonesia di Meksiko

Dulces Las Delicias mulai mengimpor produk gummy candy atau permen karet ke Meksiko pada tahun 2017 silam.
Foto: dok. Dulces Las Delicias
Foto: dok. Dulces Las Delicias

Bisnis.com, JAKARTA - Dulces Las Delicias bertekad menguasai pangsa pasar wafer stick di Republik Federal Meksiko sejak mulai mengimpor dan mempromosikan produk asal Indonesia perdananya pada 2007.

Dengan menggandeng PT Dolphin, perusahaan asal Indonesia yang terkenal dengan produk Cho Cho, perusahaan importir dan distributor untuk produk confectionery (permen dan produk gula lainnya) yang beroperasi lebih dari 40 tahun ini terus bersaing dengan produsen lokal dan importir produk sejenis di Meksiko. Dulces Las Delicias mengenal PT Dolphin berdasarkan hasil investigasi mereka sendiri.

“Kami telah bekerja selama bertahun-tahun untuk menjadi pemimpin dalam kategori wafer stick nasional, di atas produsen lokal dan importir lainnya,” demikian keterangan resmi Dulces Las Delicias.

Setelah hubungan dagangnya dengan PT Dolphin berjalan lancar, Dulces Las Delicias mulai mengembangkan bisnisnya melalui pendekatan dengan PT Yupi Indo Jelly Gum.

Selama lebih dari 6 tahun melakukan pembahasan mengenai pengembangan produk dan desain agar sesuai dengan standar di Meksiko serta melakukan kunjungan ke Indonesia, akhirnya pada 2017 Dulces Las Delicias mulai mengimpor produk gummy candy atau permen karet ke Meksiko.

Primaduta Award 2021: Cerita Manis Dulces Las Delicias dari Produk Indonesia di Meksiko

Foto: dok. Dulces Las Delicias

Hingga saat ini, perusahaan yang berlokasi di negara bagian Jalisco—sekitar enam jam dengan perjalanan darat dari Mexico City, Ibu Kota Meksiko—itu terus mengimpor dua komoditas tersebut dari Tanah Air. Pemasaran produk impor asal Indonesia itu ditopang dengan jaringan distribusi Dulces Las Delicias yang ada di hampir seluruh wilayah Meksiko.

Pada 2020 atau saat pandemi Covid-19 mewabah, nilai pembelian atau impor Dulces Las Delicias mencapai Rp65,8 miliar (FOB) turun 8,0% dibandingkan tahun sebelumnya. Pangsa pasar Dulces Las Delicias terhadap ekspor Indonesia ke Meksiko pada 2020 mencapai 0,64% meningkat 4,7% dibandingkan pangsa tahun sebelumnya.

Banyak upaya yang dilakukan Dulces Las Delicias untuk meningkatkan penjualan produk tersebut, antara lain beberapa kali ikut serta dalam Expo Confección di Guadalajara, Jalisco, dengan pendanaan sendiri. Di samping itu, banyak promosi yang mereka berikan baik kepada distributor maupun konsumen.

Dulces Las Delicias juga berupaya untuk menjaga hubungan baik dengan mitra bisnis mereka dari Indonesia dengan melakukan kunjungan hingga lebih dari delapan kali baik kepada PT Dolphin maupun PT Yupi Indo Jelly Gum.

Terus Berekspansi

Upaya panjang itu mulai tampak menunjukkan hasil. Dulces Las Delicias mengakui wafer stick yang dipasarkannya menjadi pemimpin pasar grosir di Meksiko kendati terdapat pesaing baik dari produk lokal dan impor lainnya.

Pencapaian diakui terkait dengan kualitas, rasa dan harga produk yang diimpor dari PT Dolphin. Namun, perusahaan ini menegaskan akan mempertahankan dan bahkan meningkatkan penjualan produk tersebut.

“Kami tetap melakukan promosi untuk mempertahankan penjualan kami dan meningkatkannya.”

Primaduta Award 2021: Cerita Manis Dulces Las Delicias dari Produk Indonesia di Meksiko
Foto: dok. Dulces Las Delicias

Sementara produk gummy candy, perusahaan mengaku akan terus memacu penjualan dan penawaran kepada para pelanggannya.

Di samping kedua produk itu, Dulces Las Delicias pun terbuka untuk mengimpor produk lain dari Indonesia. 

Apalagi, perusahaan ini memiliki pengalaman yang sangat baik dalam bekerjasama dengan perusahaan Indonesia. Pemasok Dulces Las Delicias dari Indonesia dinilai sangat baik dan sangat bertanggung jawab, dan mampu bekerja sama sebagai tim untuk saling menguntungkan.

“Kami terbuka untuk mengenal lebih banyak perusahaan dan meningkatkan interaksi bisnis kami dengan Indonesia.”

Berkat loyalitas dan dukungannya terhadap produk dan eksportir Indonesia, Dulces Las Delicias dianugerahi oleh pemerintah Indonesia Penghargaan Primaduta (Primaduta Award) 2021.

Penghargaan Primaduta merupakan salah satu wujud apresiasi Pemerintah Indonesia yang disampaikan oleh Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) kepada para pembeli mancanegara atas dukungan dan loyalitasnya, secara berkesinambungan membeli produk Indonesia, dan memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan ekspor nasional. Penghargaan ini diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan setiap tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper