Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

J&T Express Segera Luncurkan Usaha Baru, Apa Itu?

J&T Express akan segera merilis perusahaan baru pada bulan ini yang berfokus pada jenis pengiriman kargo.
Pelanggan mengirim barang melalui J&T di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (22/5/2018). J&T Express memperbarui tampilan visual dan sejumlah fitur pada aplikasi yang juga mengangkat fitur order dan pelacakan sebagai menu utama./Bisnis-Paulus Tandi Bone
Pelanggan mengirim barang melalui J&T di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (22/5/2018). J&T Express memperbarui tampilan visual dan sejumlah fitur pada aplikasi yang juga mengangkat fitur order dan pelacakan sebagai menu utama./Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA – J&T Express bakal memperkenalkan grup perusahaan barunya yaitu J&T Cargo pada 20 Agustus 2021.

CEO J&T Express Robin Lo menjelaskan perusahaan baru tersebut akan berfokus pada jenis pengiriman kargo yang inovatif. Menurutnya dengan pengembangan dari sisi teknologi di bawah naungan J&T Group, usaha baru ini dapat meningkatkan efisiensi pengiriman jenis kargo.

J&T Cargo, sebutnya, menghadirkan pilihan pengiriman paket bervolume dan berat lebih besar dengan jaminan tingkat layanan yang efisien dan tepat waktu. Oleh karena itu, J&T Cargo menghadirkan beberapa layanan antar kota via darat dan udara yang memiliki sistem full tracking serta proses klaim yang cepat.

"Sejalan dengan J&T Express yang berbasis sistem dan teknologi, J&T Cargo mengedepankan smart logistic dengan aplikasi JMS Sistem dalam operasionalnya, sistem ini mampu mengintegrasikan dan mengelola seluruh paket secara daring," ujarnya melalui siaran pers, Rabu (18/8/2021).

Dia berpendapat saat ini industri logistik bergerak secara dinamis perlu perlu menyeimbangkan layanan dengan kebutuhan masyarakat, terutama di wilayah Indonesia dengan geografis yang strategis.

Terlebih lagi, saat ini, pertumbuhan e-Commerce di Indonesia tidak lepas dan bersinggungan dengan pertumbuhan jasa kirim sebagai salah satu penopang. Hal ini juga didukung oleh pernyataan Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) yang dilansir dari website resmi ALI bahwa sektor logistik e-commerce mencetak pertumbuhan fantastis dengan besarannya sama seperti sektor e-commerce yang mencapai 18,1 persen selama pandemi Covid-19.

Di tengah situasi pandemi saat ini, terangnya, tidak hanya meningkatkan kebiasaan transaksi menjadi daring tapi diperkiraan kedepannya tren transaksi akan terus diterapkan.

"Jelang tahun keenam J&T Express, J&T Cargo akan hadir melengkapi jenis pengiriman kargo di Indonesia. Dengan pengembangan bisnis di berbagai sektor pengiriman barang untuk menghadirkan pengiriman yang optimal dan efesien” imbuhnya.

Sebelumnya, J&T Express juga telah memperluas cakupan bisnisnya dengan ekspansi di beberapa negara untuk memberikan pelayanan di pangsa pasar Asia Tenggara hingga China. Beberapa jenis layanan pengiriman pun dikembangkan demi memberikan kemudahan pengiriman paket pelanggan seperti J&T Super, jenis layanan lebih cepat sampai dengan jaminan gratis ongkir Kembali hingga layanan pengiriman dengan harga yang terjangkau J&T ECO.

Perusahaan sebelumnya juga telah berkolaborasi secara khusus dengan Trigana Air dalam pengiriman kargo udara di luar Jawa akibat ketidakstabilan jadwal penerbangan selama masa pandemi Covid-19.

Selama pandemi banyak jadwal penerbangan yang mesti dibatalkan hingga ditunda akibat kurangnya tingkat keterisian penumpang. Hal ini mengakibatkan pengiriman melalui jalur udara terhambat dan turunnya layanan kepada konsumen.

Di sisi lain, saat ini J&T memiliki intensitas permintaan yang tinggi di luar pulau Jawa. Alhasil strategi bekerja sama dengan Trigana Air dalam air freighter menjadi opsi terbaik saat ini. Selama ini, kata dia, ada dua rute yakni Jakarta – Medan dan Jakarta – Batam dengan tingkat pengiriman tertinggi di luar Pulau Jawa.

Air freighter tersebut akan melayani pengiriman paket dengan rute Jakarta – Medan, dan Jakarta – Batam - Tanjung Pinang. Kapasitasnya bisa mengangkut sampai dengan 15 ton per penerbangan dengan setidaknya dua kali penerbangan setiap harinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper