Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KA Bandara YIA Siap Antar Penumpang dalam 40 Menit

KA yang mulai dibangun pada Desember 2019 ini merupakan jalur KA Bandara ke-6 yang telah dibangun Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) guna mempermudah dan mempercepat akses ke bandara.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 18 Agustus 2021  |  05:35 WIB
KA Bandara YIA Siap Antar Penumpang dalam 40 Menit
Penumpang berada di dalam Kereta Api (KA) Bandara di Stasiun Tugu, Yogyakarta, Rabu (8/5/2019). Saat ini KAI menyediakan KA Yogyakarta International Airport (YIA) dengan Rute Stasiun Maguwo - Wojo PP dengan pemberhentian di empat stasiun yaitu Maguwo, Yogyakarta, Wates, dan Wojomo sebagai salah satu pendukung beroperasinya bandara YIA. - Antara/Andreas Fitri Atmoko

Bisnis.com, JAKARTA - Pembangunan jalur Kereta Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) akan segera rampung. Nantinya, penumpang hanya butuh waktu 40 menit dari dan ke bandara tersebut.

"Sebelumnya, waktu tempuh Kota Yogyakarta-Bandara YIA mencapai sekitar 90 menit menggunakan kendaraan darat. Nantinya, jika KA Bandara YIA sudah beroperasi, waktu tempuhnya hanya sekitar 40 menit," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri dalam sebuah dialog yang dikutip Rabu (18/8/2021).

Dia menyebut jalur KA yang mulai dibangun pada Desember 2019 ini merupakan jalur KA Bandara ke-6 yang telah dibangun Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) guna mempermudah dan mempercepat akses ke bandara.

Sebelumnya, ujar dia, sudah ada 5 jalur KA yang telah beroperasi, yaitu KA Bandara Kualanamu, KA Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, KA Bandara Internasional Minangkabau, LRT Sumatera Selatan, dan KA Bandara Adi Soemarno Solo.

Lebih lanjut selain untuk keperluan para pengguna Bandara, menurutnya KA yang akan melewati jalur Stasiun Tugu-Stasiun Bandara YIA ini dapat dimanfaatkan masyarakat yang hendak pergi ke Yogyakarta dari Stasiun Wates, karena kereta juga berhenti di stasiun tersebut.

"Untuk KA Bandara YIA ini paling tidak ada tiga tahapan yang akan dilakukan setelah proses pengujian terhadap jalur kereta ini selesai. Pertama tahap Commissioning. Kedua tahap Trial and Run. Terakhir adalah tahap Operasional Komersial/Pelayanan, yaitu KA Bandara ini beroperasi melayani masyarakat dengan berbayar," jelasnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, pengamat kebijakan publik Agus Pambagio mengapresiasi pembangunan jalur kereta api oleh DJKA Kemenhub ini. Namun dia menyarankan agar nantinya jadwal KA Bandara diintegrasikan dengan jadwal penerbangan yang ada sehingga integrasi antarmoda lebih terasa.

"Kalau jalur sudah mau rampung ini, saya sudah Alhamdulillah. Orang bisa lebih cepat dan lebih murah ke Bandara YIA," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

yogyakarta new yogyakarta international airport
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top