Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Besok, KA Bandara YIA Bakal Uji Coba Commissioning

Setidaknya ada 3 tahapan yang harus dilalui KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) setelah proses pengujian terhadap jalur kereta ini selesai.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 17 Agustus 2021  |  20:19 WIB
Besok, KA Bandara YIA Bakal Uji Coba Commissioning
Penumpang berada di dalam Kereta Api (KA) Bandara di Stasiun Tugu, Yogyakarta, Rabu (8/5/2019). Saat ini KAI menyediakan KA Yogyakarta International Airport (YIA) dengan Rute Stasiun Maguwo - Wojo PP dengan pemberhentian di empat stasiun yaitu Maguwo, Yogyakarta, Wates, dan Wojomo sebagai salah satu pendukung beroperasinya bandara YIA. - Antara/Andreas Fitri Atmoko
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan besok, Selasa 18 Agustus 2021 akan dilakukan tahapan pertama dalam pengujian KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), yaitu tahap commissioning.

Dia menjelaskan setidaknya ada 3 tahapan yang harus dilalui KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) setelah proses pengujian terhadap jalur kereta ini selesai.

"Pertama tahap commissioning, besok [18 Agustus 2021]. Rencana akan dilakukan kegiatan switch over [SO] persinyalan sehingga semua prasarana sudah terintegrasi dan secara teknis sudah bisa dioperasikan," katanya dalam siaran pers, Selasa (17/8/2021).

Setelah SO besok, ujarnya, maka KA Bandara itu secara teknis sudah bisa dijalankan. Selanjutnya uji coba commissioning akan dilakukan dengan menjalankan kereta tanpa penumpang umum.

Kemudian tahapan kedua, dia menyebut akan dilakukan Trial and Run yakni Perjalanan Luar Biasa (PLB) KRDE dengan penumpang terbatas atau undangan. Jadwal pengoperasian KA pada tahap ini telah disesuaikan dengan jadwal penerbangan di Bandara Internasional Yogyakarta.

Adapun tujuannya, sambung Zulfikri, adalah untuk sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, terkait pola operasi, misalnya jam keberangkatan, stasiun pemberhentian, ticketing system, dan pelayanan lainnya serta persiapan akhir menuju waktu pengoperasian secara komersial KA Bandara YIA.

"Terakhir adalah tahap operasional komersial/pelayanan, yaitu KA Bandara ini beroperasi melayani masyarakat dengan berbayar. Direncanakan untuk tahap awal akan terdapat 30 perjalanan KA per hari dengan waktu perjalanan 40 menit," imbuhnya.

Sebagai informasi, KA Bandara YIA ini merupakan jalur KA Bandara ke-6 yang telah dibangun DJKA untuk mempermudah dan mempercepat akses ke bandara.

Sebelumnya sudah ada 5 jalur KA yang telah beroperasi, yaitu KA Bandara Kualanamu, KA Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, KA Bandara Internasional Minangkabau, LRT Sumatera Selatan, dan KA Bandara Adi Soemarno Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta bandara new yogyakarta international airport
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top