Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalur KA Bandara YIA Selesai Lebih Cepat dari Target

Kemenhub menuturkan proyek jalur KA Bandara YIA lebih cepat 3 bulan dari target semula.
Ilustrasi. Kereta Api Bandara melintas di jalur perlintasan kereta di Tangerang, Banten, Senin (19/3). /Bisnis-Jody Kinarwan
Ilustrasi. Kereta Api Bandara melintas di jalur perlintasan kereta di Tangerang, Banten, Senin (19/3). /Bisnis-Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - Pembangunan jalur kereta api Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan direncanakan akan selesai lebih cepat tiga bulan dari target awal.

Kabar baik tersebut disampaikan Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri. Menurutnya, pembangunan yang awalnya ditargetkan selesai akhir Desember 2021 berprogres lebih cepat dimana pada Agustus 2021, progresnya secara keseluruhan telah mencapai 98 persen.

"Kita patut bersyukur bahwa percepatan yang telah dilakukan oleh rekan-rekan Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Tengah dapat memangkas waktu sampai sekitar empat bulan," katanya dalam siaran pers, Senin (16/8/2021).

Dia mengaku terdapat sejumlah faktor yang mendukung percepatan proyek tersebut. Di antaranya percepatan penyelesaian LARAP (Land Acquisition and Resettlement Action Plan) atau Pengadaan Tanah dan/atau Pemukiman Kembali.

Selain itu, sambungnya, proses pengadaan tanah juga berjalan dengan lancar dimana masyarakat sangat mendukung dan menerima besaran harga yang telah ditetapkan oleh tim Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP).

Menurut dia, salah satu unsur penting dalam pembangunan adalah lahan. Jika lahan cepat selesai maka pembangunan bisa segera dimulai.

"Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kulonprogo, masyarakat Kapanewon Temon khususnya Kelurahan Kaligintung, Kelurahan Kalidengen, Kelurahan Glagah dan semua pihak yang terlibat dalam proses pembebasan lahan ini sehingga cepat selesai," ujar Zulfikri.

Bukan itu saja, dia menyebut kemudahan dan ringkasnya birokrasi juga membuat konstruksi KA Bandara YIA berjalan dengan cepat. Semua pihak baik instansi Pemerintah dan Daerah sangat mendukung proses perijinan dan adminstrasi lain terkait.

Lebih lanjut, selain dukungan di atas proses percepatan juga didukung tepatnya pemilihan konstruksi Slab on Pile (SOP) dimana sistem fondasi tidak menggunakan tanah urugan seperti konvensional tapi dengan beberapa tiang pancang.

Zulfikri menjelaskan, konstruksi SOP dilakukan mengingat kondisi trase ke arah bandara yang sebagian tanahnya berupa sawah dan cenderung tergenang air.

"Terakhir adalah proses perencanaan monitoring dan evaluasi yang tepat turut mendukung proses percepatan penyelesaian pembangunan KA Bandara ini. Dengan penyusunan perencanaan proyek, monitoring yang ketat dan evaluasi berkala membuat progress pekerjaan di lapangan dapat dikontrol dengan baik," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper