Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PON XX: Kemenhub Kirim Ratusan Minibus ke Papua

Kemenhub mengirimkan ratusan minibus dan menyiapkan modifikasi bus untuk penyandang disabilitas jelang PON XX.
Gedung Kementerian Perhubungan./Dok. Istimewa
Gedung Kementerian Perhubungan./Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah menyiapkan pengiriman kendaraan bus untuk mendukung operasional penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI di Papua.

Kemenhub mengatakan tengah menyiapkan modifikasi bus untuk penyandang disabilitas pada Peparnas XVI yang akan digelar usai PON XX.

"Kemenhub akan menggunakan kapal roro untuk mengirimkan ratusan minibus dari Pulau Jawa ke Papua. Kapal roro dipilih lantaran bisa memuat kendaraan besar yang dapat berjalan masuk dan keluar kapal dengan penggeraknya sendiri," demikian dikutip dari akun instagram @Kemenhub151, Kamis (29/7/2021).

Lebih lanjut Kemenhub berharap dukungan kendaraan operasional dan infrastruktur tersebut dapat menunjang sarana transportasi PON XX sekaligus mendukung konektivitas transportasi di Papua.

Selain dilakukan untuk mendukung konektivitas dan memudahkan pergerakan masyarakat di Papua, langkah ini disebut sebagai upaya peremajaan sejumlah bus yang sudah tidak layak beroperasi.

"Rencananya bus-bus tersebut tidak akan dikembalikan ke Pulau Jawa, namun dimanfaatkan sebagai kendaraan perintis di sejumlah kota di Papua," tambah keterangan tersebut.

Sementara itu terkait dengan gelaran PON XX, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dalam informasi terkini menyebutkan bahwa Kementerian Perhubungan memberikan dukungan kendaraan atau bus untuk kelancaran transportasi selama berlangsungnya PON XX Papua 2021.

"Ada 430 unit bus yang didistribusikan ke seluruh daerah penyelenggara," kata Ketua Umum KONI Marciano Norman dalam siaran pers beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, terdapat 4 kabupaten/kota yang dipilih sebagai lokasi-lokasi pertandingan cabang olahraga PON XX Papua 2021 yang direncanakan berlangsung mulai Rabu (20/10/2021) sampai dengan Kamis (4/11/2021).

Ke-4 lokasi tersebut antara lain Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper