Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Lirik Hidrogen sebagai Sumber Energi

Hidrogen merupakan energi yang paling potensial digunakan untuk masa depan. Alasannya, hidrogen dinilai lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan penggunaan baterai.
Stasiun Hidrogen / Reuters
Stasiun Hidrogen / Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—PT Pertamina (Persero) mulai melirik potensi bisnis pengembangan hidrogen sebagai sumber energi ramah lingkungan di dalam negeri dengan potensi yang disebut mencapai US$40 miliar.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan bahwa estimasi konsumsi hidrogen di Indonesia pada tahun lalu mencapai 2,5 metrik ton per hari. Jumlah itu dinilai sangat potensial untuk dikembangkan.

“Kalau kami coba hitung [jumlahnya] sekitar US$40 miliar,” katanya dalam acara Investor Daily Summit 2021, Rabu (14/3/2021).

Menurut Nicke, hidrogen merupakan energi yang paling potensial digunakan untuk masa depan. Alasannya, hidrogen dinilai lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan penggunaan baterai.

Dia menjelaskan bahwa penggunaan baterai masih dapat menyisakan limbah dari pengolahan baterai tersebut saat dibuat dan setelah digunakan, sedangkan hidrogen sama sekali tidak menyisakan limbah.

“Kita sekarang banyak bicara EV [electric vehicle] battery, tetapi negara-negara lain sudah mulai juga mengembangkan hidrogen karena ini lebih ramah lingkungan,” jelasnya.

Pertamina sendiri telah menetapkan peta jalan untuk pengembangan hidrogen hijau dan hidrogen biru. Saat ini, proyek kilang hidrogen hijau tengah dibangun dengan kapasitas 22—100 kilogram per hari.

Fasilitas tersebut dibangun di lapangan panas bumi Ulubelu yang rencananya akan beroperasi penuh pada 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper