Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PPDPP Jamin Aplikasi SiPetruk Tak Hambat Pembiayaan Rumah FLPP

PPDPP Kementerian PUPR menjamin pelaksanaan aplikasi SuiPetruk tak menghambat pembiayaan perumjahan dengan skema FLPP. Sebaliknya, pemberlakuan aplikasi SiPetruk mulai bulan depan diyakini akan memudahkan kalangan pengembang dan bank penyalur dana FLPP.
Ilustrasi perumahan bersubsidi./Kementerian PUPR
Ilustrasi perumahan bersubsidi./Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA – Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjamin penerapan aplikasi SiPetruk (Sistem Pemantauan Konstruksi) tak menghambat pembiayaan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Direktur PPDPP Arief Sabaruddin mengatakan pada awal pengoperasian SiPetruk nanti, seluruh data yang dihimpun oleh para tenaga konstruksi melalui aplikasi itu akan menjadi rujukan dan database bagi PPDPP.

“Kita memperhatikan kondisi dan lahan di tiap daerah berbeda-beda, oleh karena itu Aplikasi SiPetruk ini akan sangat membantu, bukan malah menghambat. Tentunya hal ini memerlukan peran serta dan dukungan bersama dari para asosaisi pengembang perumahan,” ujarnya melalui keterangan tertulis.

Melalui SiPetruk, proses bisnis penyaluran dana bantuan pembiayaan perumahan FLPP semakin mudah baik dari sisi pengembang perumahan maupun bank pelaksana, karena data yang dihimpun SiPetruk terkoneksi secara realtime melalui aplikasi SiKumbang (Sistem Informasi Kumpulan Pengembang).

“Data perumahan yang telah lolos di apllikasi SiPetruk secara otomatis masuk ke SiKumbang, sehingga bank tidak perlu lagi memeriksa kelayakan bangunannya,” kata Arief.

Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Perumahan Subsidi dan Perumahan Aparatur Pemerintah DPP Realestat Indonesia (REI) Moerod, mengapresiasi terhadap persiapan pelaksanaan SiPetruk.

"Kami bersyukur PPDPP dan PUPR telah mengakomodasi dengan memfasilitasi pelatihan bagi tenaga ahli manajemen konstruksi secara gratis, sangat ironis jika pengembang tidak memiliki tenaga ahli teknis,” ucapnya.

Untuk diketahui, PPDPP juga terus mematangkan teknis penyelenggaraan pelatihan bagi aplikasi SiPetruk bersama Ditjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR.

Sebelumnya PPDPP telah menyetorkan data para peserta pelatihan kepada Dirjen Bina Konstruksi sebanyak 3.000 lebih peserta yang selanjutnya pelatihan akan dilakukan secara daring sesuai dengan wilayah para peserta.

PPDPP telah memastikan bahwa pelatihan bagi para tenaga ahli manajemen konstruksi terkait aplikasi SiPetruk tidak memungut biaya bagi pesertanya. Penyelenggaraan pelatihan daring tersebut secara teknis ditanggung oleh PPDPP yang difasilitasi oleh Dirjen Bina Konstruksi.

Penyelenggaraan pelatihan ini bertujuan menyiapkan para tenaga ahli manajemen konstruksi untuk menggunakan aplikasi SiPetruk yang diterapkan mulai bulan depan.

Jika pengembang perumahan tidak lolos pada aplikasi SiPetruk, secara otomatis rumah yang dibangunnya tidak dapat masuk ke dalam aplikasi SiKumbang yang terhubung ke SiKasep (Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan) untuk dipilih masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper