Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dampak Banjir, KAI Fokus Perbaiki Fondasi Rel Kereta

KAI fokus memperbaiki fondasi rel kereta api yang terkena dampak banjir, sehingga menyebabkan 42 perjalanan KA batal.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 22 Februari 2021  |  13:30 WIB
Ilustrasi. Petugas mengecek kondisi rel di jalur rel antara Stasiun Brumbung dan Tanggung, Kabupaten Grobogan, Minggu, yang terendam air menyusul hujan deras. ANTARA -  HO/Humas KAI Daop 4 Semarang.
Ilustrasi. Petugas mengecek kondisi rel di jalur rel antara Stasiun Brumbung dan Tanggung, Kabupaten Grobogan, Minggu, yang terendam air menyusul hujan deras. ANTARA - HO/Humas KAI Daop 4 Semarang.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI segera memperbaiki fondasi jalur rel yang terendam banjir. Pasalnya, terdapat 42 perjalanan KA keberangkatan 22 Februari 2021 dengan rute dari dan menuju Jakarta sekitarnya terpaksa dibatalkan.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan saat ini kondisi jalur masih belum aman untuk dilalui KA, sehingga petugas tengah berupaya semaksimal mungkin agar jalur KA tersebut dapat segera dioperasikan kembali.

"Untuk mempercepat proses perbaikan, KAI telah menurunkan alat berat berupa mesin Profile Ballast Regulator yang berfungsi untuk mengembalikan fondasi jalur KA seperti semula," katanya kepada Bisnis.com, Senin (22/2/2021).

Adapun salah satu jalur KA yang fondasinya tergerus arus banjir adalah lintas Kedunggedeh—Lemahabang, Daop I Jakarta. Akibatnya, sampai dengan hari ini jalur tersebut masih dalam perbaikan oleh petugas dan belum bisa dilalui.

Hal serupa juga disampaikan Kahumas Daop I Eva Chairunisa, di mana Daop I Jakarta membatalkan 15 perjalanan kereta api jarak jauh dengan keberangkatan Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen pada Senin, 22 Februari 2021.

Eva menuturkan ada sekitar 8 titik jalur rel yang terdampak banjir sehingga upaya percepatan dilakukan dengan perbaikan secara serentak atau tidak bergantian di semua titik. Arus banjir yang cukup kuat juga menyebabkan beberapa fondasi bagian bawah jalur rel tergerus air. Akibatnya, terpaksa dilakukan proses pengisian batu balas dan pemadatan kembali fondasi jalur rel dengan menggunakan perangkat alat berat.

Sebagai informasi, selain 15 KA yang dibatalkan dari area Daop I Jakarta, yakni 7 KA dari Stasiun Pasar Senen dan 8 KA dari Stasiun Gambir, juga terjadi pembatalan perjalanan kereta api jarak jauh dan seluruh perjalanan KA Lokal relasi Cikarang—Purwakarta PP.

Dampak dari cuaca ekstrem ini juga terjadi di petak jalan antara Stasiun Kedunggedeh—Lemah Abang Km 55 +100 KM hingga 53+600 yang sempat terendam banjir pada Minggu 21 Februari 2021 dengan ketinggian air sampai dengan 150 cm di atas kop rel.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top