Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Terdampak Banjir, KAI: 42 Perjalanan KA Batal, Besok Sudah Normal

KAI menargetkan jalur kereta api yang terdampak banjir sudah bisa normal mulai besok pagi.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 22 Februari 2021  |  13:16 WIB
Ilustrasi. Pekerja memperbaiki bantalan rel di Km 193 - 192 antara Stasiun Lebakjero dan Stasiun Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (30/5/2019).  - ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Ilustrasi. Pekerja memperbaiki bantalan rel di Km 193 - 192 antara Stasiun Lebakjero dan Stasiun Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (30/5/2019). - ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menargetkan perbaikan sejumlah jalur rel kereta api yang terdampak banjir segera selesai dan jadwal perjalanan dapat kembali normal besok pagi.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan saat ini kondisi jalur masih belum aman untuk dilalui KA. Petugas masih terus memperbaiki fondasi jalur rel yang terendam banjir yang mengakibatkan 42 perjalanan KA keberangkatan 22 Februari 2021 dengan rute dari dan menuju Jakarta sekitarnya terpaksa dibatalkan.

"Target kita besok pagi jalur mulai normal," katanya kepada Bisnis.com, Senin (22/2/2021).

Joni menyebut salah satu jalur KA yang fondasinya tergerus arus banjir adalah lintas Kedunggedeh—Lemahabang, Daop I Jakarta. Akibatnya, sampai dengan hari ini jalur tersebut masih dalam perbaikan oleh petugas dan belum bisa dilalui.

Guna mempercepat proses perbaikan, Joni mengatakan telah menurunkan alat berat berupa mesin profile ballast regulator yang berfungsi untuk mengembalikan fondasi jalur KA seperti semula.

Sementara itu terkait pembatalan tiket, dia mengklaim bahwa telah menghubungi para pelanggan melalui Contact Center KAI 121 untuk informasi mengenai pengembalian tiket.

Joni menegaskan bahwa KAI akan mengembalikan 100 persen uang tiket bagi pelanggan yang perjalanan KA nya telah dibatalkan. Pembatalan dapat dilakukan di seluruh stasiun penjualan tiket KA jarak jauh/lokal hingga 30 hari setelah tanggal keberangkatan.

Sejauh ini, Joni belum bisa memprediksi berapa kerugian yang ditimbulkan akibat kerusakan jalur maupun pembatalan jadwal perjalanan tersebut. Pasalnya, saat ini KAI hanya fokus pada penanganan banjir dan perbaikan jalur yang terdampak.

"Saat ini KAI masih fokus melakukan penanganan," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top