Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DPR Optimistis Investasi Asing Bakal Mengalir Deras Berkat SWF

Keberadaan Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI), yang bernama Indonesia Investment Authority (INA), dinilai merupakan terobosan yang dapat dapat menjawab kesenjangan pendanaan dalam negeri dan kebutuhan pembiayaan infrastruktur nasional.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 25 Januari 2021  |  20:16 WIB
Foto udara Jalan Tol Trans Jawa ruas Semarang-Batang, Jawa Tengah, Kamis (27/8/2020). Bisnis - Rachman
Foto udara Jalan Tol Trans Jawa ruas Semarang-Batang, Jawa Tengah, Kamis (27/8/2020). Bisnis - Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Komisi XI DPR RI Dito Ganinduto optimistis pembentukan Sovereign Wealth Fund (SWF) atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI), yang bernama Indonesia Investment Authority (INA), akan menjawab kebutuhan pembiayaan pembangunan dan meningkatkan aliran investasi asing langsung di Indonesia.

Menurutnya, LPI merupakan terobosan yang dapat dapat menjawab kesenjangan pendanaan dalam negeri dan kebutuhan pembiayaan infrastruktur nasional.

“Melalui pembentukan LPI ini, nantinya dapat meningkatkan dan mengoptimalisasi nilai investasi pemerintah pusat yang dikelola secara jangka panjang dalam rangka mendukung pembangunan secara berkelanjutan, meningkatkan Foreign Direct Investment, dan dapat mendorong investasi,” katanya, Senin (25/1/2021).

Dia pun yakin dengan dibentuknya LPI, dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah momentum perbaikan perekonomian nasional akibat pandemi Covid-19 sekaligus sebagai katalis investasi dan terbukanya lapangan pekerjaan baru.

Dalam rapat kerja bersama dengan Menteri Keuangan, dia mengingatkan agar kewenangan yang diberikan kepada LPI dalam bentuk penempatan dana dalam instrumen keuangan, penatausahaan aset, dan pengelolaan aset, harus betul-betul dilaksanakan dengan tata kelola yang baik.

Hal ini tentunya juga harus diterapkan dalam proses penentuan calon mitra investasi, melakukan kerja sama dengan pihak lain termasuk entitas dana perwalian (trust fund), termasuk dalam memberikan dan menerima pinjaman.

Dia juga mengingatkan agar pengelolaan LPI tetap mengendepankan prinsip kehati-hatian karena akan berimplikasi terhadap kepercayaan dari para investor global.

Dito optimistis model dan struktur LPI ini akan menarik banyak investor asing untuk menanamkan modalnya melalui berbagai proyek strategis yang memiliki imbal hasil investasi yang menarik di Indonesia.

Selain itu, sistem pengawasan yang didesain sangat baik menurutnya akan menjadi kunci keberhasilan dari pelaksanaan pengelolaan LPI ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi SWF Indonesia
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top