Terbang Perdana dari Juanda, Surabaya-Ternate Jadi Rute Domestik Ke-18 yang Dilayani Bandara Juanda

Dengan tambahan rute Surabaya-Ternate (PP), saat ini terdapat 18 rute penerbangan domestik yang dilayani oleh Bandar Udara Internasional Juanda.
Foto: Dok. Angkasa Pura I
Foto: Dok. Angkasa Pura I

Bisnis.com, SIDOARJO - Seiring dengan pemberlakuan adaptasi kebiasaan baru, dunia penerbangan terus bergerak menunjukkan geliatnya. Yang terbaru, maskapai Lion Air menambah rute penerbangan dari Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya menuju Bandar Udara Sultan Babullah Ternate dan sebaliknya (PP), Senin (23/11).

Penerbangan perdana yang mengangkut 175 penumpang tersebut dilepas oleh PTS General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, MMA. Indah Preastuty yang secara simbolis memberikan kalungan bunga kepada pilot dan perwakilan penumpang.

Lion Air penerbangan nomor JT-894 mengudara dari Bandar Udara Internasional Juanda pukul 08.50 WIB dan mendarat di Bandar Udara Sultan Babullah Ternate pada pukul 13.15 WIT.

Sementara penerbangan kedatangan JT-895 dari Ternate mendarat di Juanda pukul 14.00 WIB dengan mengangkut sejumlah 133 penumpang. Layanan penerbangan rute baru ini rencananya akan beroperasi berjadwal setiap hari.

"Selamat kepada Lion Air yang telah melaksanakan penerbangan perdana Surabaya-Ternate (PP). Tidak mudah di situasi seperti saat ini untuk membuka rute penerbangan baru, namun demikian hal ini tentu sedikit banyak menggambarkan tingkat kepercayaan masyarakat yang terus tumbuh untuk menggunakan transportasi angkutan udara. Untuk itu kami sangat mengapresiasi pembukaan rute baru ini," ucap Indah.

Indah menambahkan, pertumbuhan jumlah penumpang di Bandar Udara Internasional Juanda meningkat pasca libur panjang akhir pekan Oktober lalu.

"Jumlah penumpang per hari saat ini atau selama Bulan November mencapai rata-rata 18 ribu penumpang per hari. Pengamatan kami, hal tersebut terjadi setelah periode long weekend akhir Oktober lalu," ungkap Indah.

Dengan tambahan rute Surabaya-Ternate (PP), saat ini terdapat 18 rute penerbangan domestik yang dilayani oleh Bandar Udara Internasional Juanda yakni Banjarmasin, Bandung, Balikpapan, Batam, Banyuwangi, Jakarta, Bali, Yogyakarta, Kupang, Labuan Bajo, Lombok, Palangkaraya, Palembang, Pontianak, Sampit, Semarang dan Makasar.

Dibukanya Rute Surabaya – Ternate – Surabaya memberikan nilai lebih bagi masyarakat utamanya dalam hal konektivitas antar daerah dimana penumpang dari wilayah Jawa Timur yang terbang dari Bandar Udara Internasional Juanda dapat melanjutkan penerbangan ke Manado, Tobelo, Galela, Morotai, Buli, Labuha serta kota-kota lainnya setibanya di Ternate.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper