Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gencar Safe Travel Campaign, Maskapai Ingin Raih 20 Juta Penumpang

INACA berharap jumlah penumpang maskapai bisa mencapai 20 juta orang usai gencar mengadakan Safe Travel Campaign sejak awal Agustus 2020.
Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Denon Prawiratmadja./Dok. Istimewa
Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Denon Prawiratmadja./Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia National Air Carriers Association (INACA) mengklaim Safe Travel Campaign yang dilaksanakan sejak awal Agustus 2020 mampu meningkatkan rasa percaya diri masyarakat untuk kembali terbang.

Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja mengatakan dengan diterapkannya protokol kesehatan secara ketat oleh maskapai penerbangan dan pengelola bandara, menjadi faktor pendorong masyarakat untuk kembali bepergian.

Safe Travel Campaign, sebutnya, telah dimulai pada 7 Agustus 2020 dengan mensosialisasikan kesehatan dan keselamatan penerbangan menuju Bandara Ngurah Rai, Bali dan Bandara Kualanamu, Medan. Selain melibatkan maskapai anggotanya, INACA juga merangkul PT Angkasa Pura I (Persero) dan PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai pengelola bandara, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), AirNav Indonesia, serta pengelola rumah sakit untuk menjalankan kampanye tersebut.

Denon yang juga menjabat sebagai CEO PT Whitesky Aviation mengatakan pandemi Covid-19 sempat menghentikan sebagian besar kegiatan operasional maskapai dan telah menekan jumlah penumpang pesawat sepanjang Semester I/2020. Jumlah penumpang, tidak mencapai hingga 19 juta penumpang dibandingkan dengan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Nah, lewat Safe Travel Campaign ini kami menargetkan bisa menembus angka 20 juta penumpang kembali," katanya melalui siaran pers pada Kamis (20/8/2020).

Menurut Denon, sejak Safe Travel Campaign gencar dilakukan awal Agustus ini, jumlah pergerakan pesawat yang membawa penumpang meningkat signifikan.

"Di Soekarno-Hatta, jumlah trafik atau pergerakan pesawatnya sudah menembus angka target psikologis kami di level 500 pergerakan per hari. Artinya masyarakat sudah percaya diri lagi untuk terbang, karena mendapatkan informasi yang benar terkait standar kesehatan dan keselamatan penerbangan," jelasnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Sementara (PTS) GM Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Angkasa Pura I, Agus Pandu Purnama menilai kebijakan pemerintah serta Safe Travel Campaign telah membantu meningkatkan kegiatan penerbangan melalui bandara yang dikelolanya.

Dia menjelaskan selama satu bulan terakhir, rata-rata jumlah penumpang per hari di bandara YIA sudah mencapai 4.500 penumpang. Sebelumnya untuk mencapai 2.000 penumpang saja cukup menyusahkan. Tak hanya itu, trafik pesawat juga naik dari 30 penerbangan menjadi 46 penerbangan per hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper