Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Berita Populer Ekonomi, Importir Diperintahkan Musnahkan Jamur Enoki dari Green Co. Ltd. dan Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I Anjlok, Chatib Basri: Ini Bukan Gara-Gara Covid-19

Berita importir diperintahkan musnahkan jamur enoki dari Green Co. Ltd. jadi berita terpopuler kanal Ekonomi, hari ini, Jumat (26/06/2020).
Laras Devi Rachmawati
Laras Devi Rachmawati - Bisnis.com 26 Juni 2020  |  16:36 WIB
Pedagang memperlihatkan beberapa jenis jamur yang dijual di pinggir jalan di Desa Baini, Kecamatan Sampara, Konawe, Sulawesi Tenggara, Kamis (20/12/2018). - ANTARA/Jojon
Pedagang memperlihatkan beberapa jenis jamur yang dijual di pinggir jalan di Desa Baini, Kecamatan Sampara, Konawe, Sulawesi Tenggara, Kamis (20/12/2018). - ANTARA/Jojon

1. Importir Diperintahkan Musnahkan Jamur Enoki dari Green Co. Ltd.

Badan Ketahanan Pangan telah memerintahkan agar importir melakukan penarikan dan pemusnahan produk jamur enoki dari Green Co. Ltd. asal Korea Selatan.

Hal itu dilakukan mengingat adanya informasi dari International Food Safety Authority Network (Infosan), jaringan otoritas keamanan pangan internasional di bawah FAO/WHO, terkait dengan kejadian luar biasa (KLB) pada Maret—April 2020 di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia, akibat mengonsumsi jamur enoki asal Korea Selatan yang tercemar bakteri Listeria Monocytogenes.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. HISTORIA BISNIS: Berakhirnya Kejayaan Pabrik Lucky Strike di Semarang

Rokok putih atau mild pada dekade 1980-an terus kehilangan pasar di tengah masyarakat. Akibatnya, para produsen pada era itu terpaksa menutup pabrik yang ada untuk efisiensi biaya. Ini berkebalikan dengan saat ini, di mana rokok dengan penyaring, menjadi penggerak utama penjualan.

Tekanan kepada perusahaan rokok putih pada 1989 tergambar dalam keputusan PT British American Tobacco (BAT) Indonesia Tbk., sebuah perusahaan yang pernah merajai pemasaran rokok putih di Indonesia untuk menutup salah satu pabrik. Tepatnya yang berada di Semarang. Langkah ini harus dilakukan seiring perubahan selera konsumen. Produk rokok putih era itu semakin ditinggal penggemarnya sehingga menyisakan pangsa pasar yang sempit.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. IMF: Ekonomi Indonesia Minus 0,3 Persen, Negara Lain Lebih Buruk

Dana Moneter Internasional (IMF) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mengalami kontraksi -0,3 persen pada 2020.

Hal tersebut dicantumkan dalam World Economic Outlook (WEO) Juni 2020 IMF yang dirilis pada Rabu (24/6/2020)

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Kisah 3 Jembatan Tol : Siapa yang Memulai, Siapa yang Mengakhiri?

Wacana menyambung Pulau Jawa dan Pulau Bali kembali mengemuka setelah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyampaikan hal itu pada Forum Bisnis Konstruksi Indonesia–Turki yang diselenggarakan secara virtual pada Selasa, 23 Juni 2020.

Kepada Menteri Perdagangan Turki Ruhsar Pekcan dan pebisnis dari negeri tersebut, Basuki memaparkan peluang bisnis di sektor konstruksi di Indonesia, seperti jalan tol, jembatan, dan bendungan.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I Anjlok, Chatib Basri: Ini Bukan Gara-Gara Covid-19

Mantan Menteri Keuangan RI Chatib Basri mengungkapkan analisis di balik anjloknya pertumbuhan ekonomi pada kuartal I/2020 menjadi 2,97 persen (year on year/ yoy).

Seperti diketahui, pemerintah mengumumkan kasus positif virus Corona (Covid-19) pertama pada awal Maret 2020. Dia menilai ekonomi RI pada Januari dan Februari seharusnya tidak terpengaruh Covid-19.

Baca berita selengkapnya di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertumbuhan Ekonomi Berita Terpopuler covid-19
Editor : Nurbaiti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top