Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian PUPR Rehabilitasi Gedung Pendidikan di Kalimantan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melanjutkan rehabilitasi gedung sarana pendidikan di Kalimantan.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Bisnis/Abdullah Azzam
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melanjutkan rehabilitasi gedung sarana pendidikan di Kalimantan.

Salah satunya adalah rehabilitasi dan rekonstruksi tiga gedung Politeknik Negeri Samarinda di Provinsi Kalimantan Timur yang saat ini pembangunan fisiknya telah mencapai 43,32 persen.

“Kita lanjutkan pembangunan sarana pendidikan guna mendukung peningkatan kualitas SDM. Manfaatkan fasilitas yang sudah dibangun. Generasi mendatang harus lebih pintar karena fasilitasnya lebih baik,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, melalui siaran pers, Senin (15/6/2020).

Rehabilitasi dan rekonstruksi Politeknik Negeri Samarinda meliputi pekerjaan tiga gedung yang dikerjakan selama 240 hari mulai 26 Desember 2019 dan ditargetkan rampung pada 21 Agustus 2020. Pembangunan gedung ini dilakukan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya melalui Direktorat Prasarana Strategis dengan nilai kontrak Rp34,9 miliar.

Selain itu, Kementerian PUPR juga melanjutkan rehabilitasi dan renovasi gedung kampus Universitas Borneo Tarakan (UBT).

Pada tahun ini, Kementerian PUPR melakukan pembangunan lanjutan gedung Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) UBT dengan anggaran Rp20 miliar. Adapun, progres konstruksi pembangunannya telah mencapai 52 persen dan ditargetkan selesai pada Oktober 2020.

Basuki mengatakan pembangunan fasilitas kampus merupakan bagian dari instruksi Presiden Joko Widodo kepada Kementerian PUPR untuk mempercepat pembangunan dan rehabilitasi 10.000 sekolah, madrasah, dan lanjutan KDP PTN/PTKIN di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Direktur Prasarana Strategis Iwan Suprijanto menyampaikan bahwa Kementerian PUPR sesuai amanat Perpres No. 43/2019 juga menangani pembangunan lanjutan Konstruksi Dalam Pengerjaan (KDP) PTN dan PTKIN.

Salah satunya adalah pembangunan lanjutan Konstruksi Dalam Pengerjaan (KDP) tiga gedung Kampus Universitas Borneo Tarakan (UBT) yang berlokasi di Jalan Amal Lama Kota Tarakan. Lanjutan pembangunan KDP gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan gedung Laboratorium Teknik telah selesai dilaksanakan pada tahun 2019 dengan total anggaran sebesar Rp36,2 miliar.

Kemudian, lanjutan pembangunan gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan anggaran sebesar Rp27,4 miliar. Selain itu, telah diselesaikan juga KDP Gedung Laboratorium Teknik UBT yang meliputi perbaikan dan pengecatan gedung dengan anggaran sebesar Rp8,8 miliar.

Pada akhir Februari 2020, Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie juga telah meresmikan Gedung Kampus UBT yang telah direhabilitasi dan direnovasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Agne Yasa
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper