Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Freeport Hentikan Penerbangan Jakarta - Timika

Bupati Mimika menerbitkan Instruksi Nomor 1 Tahun 2020 dalam rangka pencegahan, pengendalian dan penanggulangan virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Mimika.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 Maret 2020  |  10:32 WIB
Truk diparkir di tambang terbuka tambang tembaga dan emas Grasberg di dekat Timika, Papua, pada 19 September 2015. - ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Truk diparkir di tambang terbuka tambang tembaga dan emas Grasberg di dekat Timika, Papua, pada 19 September 2015. - ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA – PT Freeport Indonesia menghentikan penerbangan membawa penumpang baik dari Jakarta ke Timika maupun dari Timika ke Tembagapura terhitung 26 Maret – 9 April mendatang.

Hal ini dilakukan guna menindaklanjuti instruksi Bupati Mimika Nomor 1 Tahun 2020 dalam rangka pencegahan, pengendalian dan penanggulangan virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Mimika.

Kepala Bandara Mozes Kilangin Timika (PT AVCO) Subagyo Hadidjan kepada Antara di Timika, Kamis, mengatakan terhitung mulai Kamis (26/3) hingga 9 April 2020 penerbangan pesawat Airfast Indonesia milik PT Freeport tidak lagi membawa penumpang darimana pun ke Timika maupun dari Timika ke Tembagapura.

"Penerbangan Airfast tetap jalan seperti biasa, tapi khusus untuk membawa kargo barang, tidak membawa penumpang," kata Subagyo, Kamis (26/3/2020).

Menurutnya, penerbangan terakhir pesawat Airfast yang membawa penumpang ke Timika berlangsung pada Rabu (25/3). "Terakhir terbang membawa penumpang kemarin. Demikian pun penerbangan membawa penumpang (diangkut dengan helikopter) ke Tembagapura terakhir kemarin. Mulai hari ini tidak ada lagi yang ke Tembagapura," jelasnya.

Pihaknya berharap upaya pengendalian masuknya wabah pandemi Covid-19 di wilayah Mimika menghindarkan warga dari virus yang sedang mewabah ini.

Hingga kini PT Freeport Indonesia melalui PT AVCO masih mengoperasikan terminal Bandara Mozes Kilangin Timika sisi utara.

Sementara itu, terminal Bandara Mozes Kilangin sisi selatan dikelola oleh Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Mozes Kilangin selaku perwakilan dari Kemenhub.

Kepala UPBU Mozes Kilangin Timika Ambar Suryoko mengatakan aktivitas di bandara setempat masih beroperasi seperti biasa, khususnya untuk melayani penerbangan kargo barang ke pedalaman Papua maupun untuk penerbangan yang sifatnya darurat.

"Pembatasan penerbangan sebagaimana keputusan Gubernur Papua dan ditindaklanjuti dengan instruksi Bupati Mimika khusus untuk penerbangan penumpang. Pelayanan lain tetap berjalan sebagaimana biasanya seperti penerbangan mengangkut kargo barang dan dan ke Papua serta internal di Papua," kata Ambar.

Dia pun menampik adanya kabar tentang penutupan total Bandara Mozes Kilangin Timika mulai Kamis ini hingga 9 April 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penerbangan Freeport

Sumber : Antara

Editor : David Eka Issetiabudi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top