Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemenhub Luncurkan Layanan Tiket Online Bus dan Penyeberangan

Kementerian Perhubungan meluncurkan dua aplikasi layanan tiket online untuk dua jenis transportasi yaitu bus dan penyeberangan.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 03 Maret 2020  |  10:21 WIB
Penjualan tiket bus secara 'online' - Antara
Penjualan tiket bus secara 'online' - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan meluncurkan dua aplikasi layanan tiket online untuk dua jenis transportasi yaitu bus dan penyeberangan. 

Untuk tiket bus, layanan online yang diluncurkan ialah Digitalization Passenger System (Dipass), sedangkan untuk penyeberangan ferry bernama Ferizy.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi mengatakan aplikasi Ferizy yang merupakan wadah pembelian tiket ferry di lintasan Merak - Bakauheni dan Ketapang - Gilimanuk secara online.

"Mulai 2 Maret 2020 ini PT ASDP Indonesia Ferry menerapkan kebijakan penjualan tiket ferry di ke empat lokasi tersebut secara online. Pengguna kini hanya tinggal mengakses laman ferizy,” jelasnya, dalam keterangan, Selasa (3/3/2020).

Adapun, layanan tiket online untuk Bus yaitu Dipass merupakan sebuah sistem e-ticketing yang dikeluarkan oleh Ditjen Hubdat. Dipass digunakan bagi setiap aplikator, maupun PO bus yang belum memiliki sistem e-ticketing mandiri yang dapat dimanfaatkan secara bersama.

"Saat ini yang sudah bergabung sebanyak 35 operator. Sampai dengan Lebaran kami harapkan semakin banyak operator yang bergabung,” katanya.

Untuk saat ini bus yang tergabung dalam Dipass sudah mencapai lebih dari 100 armada meski sementara ini masih terfokus di Pulau Jawa saja.

Budi menjelaskan rata-rata armada yang belum bergabung karena sudah memiliki aplikasi tersendiri, sedangkan yang belum memiliki aplikasi sudah dihimpun dalam aplikasi Dipass.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transportasi tiket online kementerian perhubungan
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top