Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BPJT Sebut Beberapa Ruas Tol Siap Berfungsi saat Lebaran, Ini Daftarnya

BPJT memastikan ada delapan ruas tol yang siap dioperasikan pada saat Lebaran 2020.
Agne Yasa
Agne Yasa - Bisnis.com 24 Februari 2020  |  17:13 WIB
Sejumlah kendaraan melintas di tol Bogor Outer Ring Road (BORR) di Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/1/2020). -  ANTARA / Arif Firmansyah
Sejumlah kendaraan melintas di tol Bogor Outer Ring Road (BORR) di Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/1/2020). - ANTARA / Arif Firmansyah

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol memastikan rencana penyelesaian konstruksi jalan tol untuk mendukung mudik Lebaran 2020 masih berjalan sesuai jadwal.

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Kementerian PUPR Agita Widjajanto mengatakan pada 2020 terdapat delapan ruas tol yang direncanakan akan selesai konstruksinya untuk mendukung jalur mudik Lebaran 2020.

"Kalau itu [rencana pengoperasian jalan tol jelang Lebaran] masih aman [sesuai jadwal]," ujarnya kepada Bisnis, Senin (24/2/2020).

Sebelumnya diberitakan, ada delapan ruas jalan tol dengan panjang 92,52 kilometer yang kontruksinya ditargetkan rampung pada Maret hingga Mei nanti.

Sebagai informasi, rincian delapan ruas tol tersebut yaitu Depok - Antasari Seksi II Brigif Infantri - Sawangan sepanjang 6,3 kilometer, Pandaan - Malang Seksi 5 Pakis -Malang sepanjang 3,1 kilometer yang ditargetkan selesai pada Maret mendatang.

Selain itu, ruas tol Balikpapan - Samarinda Seksi 1 KM 13 - Samboja dan seksi 5 KM 13 - Sepinggan sepanjang 33,5 kilometer dan ruas Cinere - Serpong Seksi 1 SS Serpong - SS Pamulang sepanjang 6,6 kilometer ditargetkan dapat selesai konstruksinya pada April 2020.

Selanjutnya, ada empat ruas tol lainnya yang ditargetkan selesai konstruksinya pada Mei 2020. Adapun, ruas tol tersebut yaitu Cileunyi - Sumedang - Dawuan Seksi 3 Sumedang - Cimalaka sepanjang 4,05 kilometer, 6 ruas tol DKI Jakarta Seksi A Kelapa Gading - Pulo Gebang sepanjang 9,3 kilometer.

Kemudian, Cimanggis - Cibitung Seksi 1 Cimanggis - Jatikarya sepanjang 3,17 kilometer dan ruas tol Serang - Panimbang Seksi 1 Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 kilometer.

Dalam kunjungannya ke Pulau Sumatra pada pekan lalu, Presiden Joko Widodo meminta agar ruas tol Pekanbaru - Dumai bisa beroperasi sebelum Idulfitri 2020. Adapun, target operasi awalnya adalah Mei 2020.

Pada kesempatan peninjauan di Ruas Sigli - Banda Aceh, Presiden Joko Widodo juga berharap seksi 4 ruas tol tersebut yaitu Indrapuri - Blang Bintang dapat digunakan saat libur Lebaran 2020.

Menanggapi hal tersebut, Agita mengatakan beberapa ruas tol yang proses kontruksinya diminta beroperasi jelang Lebaran itu akan diupayakan untuk dipercepat proses konstruksinya.

"Untuk tol Pekanbaru - Dumai, kami coba kejar ya, kalau Sigli - Banda Aceh terlalu optimis kalau untuk Lebaran," katanya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengungkapkan dari progres yang ada dari pihak kontraktor berkomitmen bahwa seksi 4 Indrapuri - Blang Bintang dapat beroperasi pada April 2020.

"Diharapkan seksi 4 dapat operasional, tetapi sekurang-kurangnya dapat fungsional tanpa tarif pada Lebaran 2020. [Secara keseluruhan target selesai] tahun 2021," kata Danang, Jumat (21/2/2020).

Adapun, Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo mengatakan untuk ruas Pekanbaru - Dumai rencananya sudah selesai dan bisa digunakan ketika Lebaran. HK juga optimistis bahwa seksi 4 ruas tol Sigli - Banda Aceh akan bisa dioperasikan pada Lebaran nanti.

Sementara itu, beberapa ruas tol yang juga ditargetkan bisa beroperasi setidaknya fungsional saat Lebaran nanti antara lain adalah tol BORR seksi 3A dan ruas Cisumdawu seksi 1 - 3. Ketika dikonfirmasi hal tersebut, Agita mengatakan masih diupayakan pengerjaannya.

"Ini juga kami kejar karena tanah pengganti juga ada yang belum beres, kami berharap sampai Cimalaka bisa difungsikan," ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol bpjt Kementerian PUPR lebaran 2020
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top