Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BPJT Pantau Kesiapan Tol dan Rest Area Jelang Lebaran 2020

Kesiapan jalan tol dan rest area dilakukan di seluruh ruas tol, khususnya pada ruas tol yang akan ramai dilintasi para pemudik seperti di Trans Jawa dan Trans Sumatra.
Agne Yasa
Agne Yasa - Bisnis.com 13 Februari 2020  |  17:33 WIB
Pemudik melintas di jalur Tol Trans Jawa, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019). - ANTARA/Harviyan Perdana Putra
Pemudik melintas di jalur Tol Trans Jawa, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Minggu (2/6/2019). - ANTARA/Harviyan Perdana Putra

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol terus memantau kesiapan jalan tol dan rest area atau tempat istirahat dan pelayanan untuk mendukung lalu lintas jelang Lebaran tahun ini.

Kesiapan jalan tol dan rest area dilakukan di seluruh ruas tol, khususnya pada ruas tol yang akan ramai dilintasi para pemudik seperti di Trans Jawa dan Trans Sumatra.

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Kementerian PUPR Agita Widjajanto mengatakan untuk ruas tol Trans Jawa saat ini dinilai sudah siap baik dari sisi jalan maupun rest area. Namun, pihaknya masih memberikan catatan khususnya untuk hal teknis terkait operasional saat momentum Lebaran 2020.

"Untuk TIP [tempat istirahat dan pelayanan] ini ada beberapa catatan yang nanti akan kami koordinasikan lebih lanjut pada saat rakor persiapan lebaran nantinya, terutama saat diberlakukan one way, ada yang harus dibicarakan secara teknis detailnya, contoh terkait jadwal pengambilan sampah dan pasokan air bersih," jelas Agita kepada Bisnis, Kamis (13/2/2020).

Sementara itu, untuk ruas tol Trans Sumatra saat ini sudah dapat tersambung dari Bakauheni sampai Jakabaring. Agita mengatakan terkait segmen Kayu Agung sampai Jakabaring masih ada sedikit perbaikan longsor.

"Kami berharap paling lambat Maret sudah selesai penanganannya," ucapnya.

Terkait kesiapan TIP di Trans Sumatra, Agita mengungkapkan bahwa kondisinya saat ini masih fungsional, karena masih dalam tahap progres konstruksi. Namun, pihaknya menjamin TIP tersebut tetap dapat melayani masyarakat pada saat Lebaran nanti.

"Tetap bisa melayani arus mudik balik lebaran dengan menyiapkan SPBU modular, mobile toilet dan posko kesehatan yang biasanya didukung oleh Kementerian Kesehatan," jelasnya.

BPJT juga menargetkan penyelesaian konstruksi sebanyak delapan ruas tol yang diharapkan dapat mendukung Lebaran 2020 termasuk beroperasi secara fungsional.

Agita mengungkapkan ruas tersebut diantaranya Pandaan-Malang Seksi 5 (Pakis-Malang), Cileunyi-Sumedang-Dawuan Seksi 3 ( Sumedang-Cimalaka), dan Cimanggis-Cibitung Seksi 1 (Cimanggis-Jatikarya).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol lebaran 2020
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top