Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hore! Tol Pekanbaru-Dumai Akan Beroperasi Sebelum Lebaran

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa pembangunan tol Pekanbaru-Dumai akan beroperasi pada April 2020.
Agne Yasa
Agne Yasa - Bisnis.com 20 Februari 2020  |  14:10 WIB
Truk berada di gerbang tol Pekanbaru, Provinsi Riau, Jumat (21/2 - 2020). Ruas tol Pekanbaru/Dumai ditargetkan rampung pada April 2020. Peningkatan infrastruktur termasuk lewat Trans Sumatra diharapkan bisa meningkatkan perekonomian dan dongkrak daya saing Indonesia. Bisnis/Agne Yasa.
Truk berada di gerbang tol Pekanbaru, Provinsi Riau, Jumat (21/2 - 2020). Ruas tol Pekanbaru/Dumai ditargetkan rampung pada April 2020. Peningkatan infrastruktur termasuk lewat Trans Sumatra diharapkan bisa meningkatkan perekonomian dan dongkrak daya saing Indonesia. Bisnis/Agne Yasa.

Bisnis.com, PEKANBARU - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memastikan seluruh ruas tol Pekanbaru-Dumai akan rampung dan beroperasi pada April mendatang atau sebelum Lebaran.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melakukan peninjauan Tol Pekanbaru-Dumai seksi 1 yaitu Pekanbaru-Minas sepanjang 9,5 kilometer pada Jumat (21/2/2020).

Adapun, untuk peresmian, rencananya akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo ketika seluruh ruas Pekanbaru-Dumai selesai sekitar dua bulan lagi.

"Karena yang baru selesai 9,5 kilometer, padahal kalau nunggu April 2020 sudah 131 kilometer. [Seksi 1 sudah selesai] nanti bisa dipakai. Tapi beliau [Presiden Jokowi] ingin nanti nunggu April sehingga bisa diresmikan sekaligus, [sisanya sekitar 120 kilometer akan dikejar], April sebelum Lebaran, sudah operasi seluruh Pekanbaru-Dumai," ujar Basuki ketika melakukan peninjauan Madrasah Tsanawiyah 3 Pekanbaru, Kamis (20/2/2020).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan hingga saat ini pembebasan lahan untuk ruas tol Pekanbaru-Dumai juga hampir selesai. Hal tersebut diyakini dapat mempercepat proses konstruksi hingga April 2020.

"Sudah di atas 99 persen [progress pembebasan] lahannya," ungkapnya.

Jalan tol Pekanbaru–Dumai merupakan bagian dari jaringan tol Trans Sumatra yang menghubungkan Pekanbaru dengan Dumai yang berada di Riau. 

Sebelumnya, pada perayaan musim mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Jalan Tol Pekanbaru – Dumai Seksi 1 yang progresnya telah mencapai 100% dibuka secara fungsional dengan volume kendaraan yang cukup meningkat.

Kehadiran jalan tol Pekanbaru - Dumai diharapkan dapat meningkatkan dan memudahkan akses Pekanbaru sebagai ibukota Provinsi Riau sekaligus kota bisnis dan Dumai sebagai kota pelabuhan,  dengan industri perminyakan yang maju, dan agribisnis.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infrastruktur jalan tol trans sumatra
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top