5 Terpopuler Ekonomi, BPN Proses Pemblokiran Lahan Benny Tjokro dan Pencurian Minyak Hantui Sejumlah Blok Migas

BPN yang memproses pemblokiran lahan milik Benny Tjokrosaputro menjadi berita terpopuler di kanal Ekonomi Bisnis.com pada Selasa (21/1/2020).
Ahmad Rifai
Ahmad Rifai - Bisnis.com 21 Januari 2020  |  18:01 WIB
5 Terpopuler Ekonomi, BPN Proses Pemblokiran Lahan Benny Tjokro dan Pencurian Minyak Hantui Sejumlah Blok Migas
Komisaris PT Hanson International Tbk (MYRX) Benny Tjokrosaputro berjalan meninggalkan gedung bundar Kejaksaan Agung usai diperiksa sebagai saksi di Jakarta, Senin (6/1/2020). - ANTARA / Nova Wahyudi

1. KASUS JIWASRAYA: BPN Proses Pemblokiran Lahan Benny Tjokrosaputro

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional tengah memproses pemblokiran lahan milik Direktur Utama PT Hanson International Tbk. Benny Tjokrosaputro yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN Himawan Arief Sugoto menyatakan bahwa pemblokiran atas beberapa bidang tanah milik salah satu tersangka kasus Jiwasraya tersebut dilakukan atas permintaan dari Kejaksaan Agung RI (Kejagung).

Baca berita lengkapnya di sini.

2. IMF Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global 2020

Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan ekonomi dunia akan menguat pada 2020, meskipun dengan laju sedikit lebih lemah dari perkiraan sebelumnya di tengah ancaman terkait perdagangan dan ketegangan di Timur Tengah.

Pada Senin (20/1/2020), IMF menyatakan pertumbuhan global akan berakselerasi menjadi 3,3 persen tahun ini dari 2,9 persen pada 2019. Baca berita lengkapnya di sini.

3. Akankah Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja Kembali Jadi Lagu Lama?

Di kalangan buruh, pengusaha acapkali dituding sebagai ‘otak’ di balik kebijakan yang dicanangkan oleh pemerintah. Sebaliknya, pengusaha menilai para pekerja cukup egois untuk mendapatkan kepentingannya.

Menilik ke belakang, tiap aksi unjuk rasa yang dipelopori oleh serikat buruh dan pekerja tampaknya sudah menjadi agenda tahunan, bahkan bulanan. Tema utama yang kerap diusung dalam demonstrasi tersebut juga familier, seperti isu kenaikan gaji, keluhan pesangon, hingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Baca berita lengkapnya di sini.

4. Asosiasi Mengklaim Karet Bisa Jadi Bahan Bakar Nabati

Setelah sebagai campuran aspal, Dewan Karet Indonesia (Dekarindo) menemukan bahwa karet alam bisa diubah menjadi bahan bakar nabati (BBN) seperti kelapa sawit. Kali ini, asosiasi menjanjikan tingkat serapan yang lebih tinggi dari penggunaan karet sebagai campuran aspal.

Sebelumnya, asosiasi menghitung penggunaan karet sebagai campuran aspal dan penerbitan standar nasional indonesia (SNI) wajib ban vulkanisir dapat meningkatkan serapan karet maksimal menjadi 25 persen pada akhir 2019. Angka tersebut naik 50,76 persen dari serapan tahun 2018 sebanyak 625.820 ton menjadi 943.500 ton.

Baca berita lengkapnya di sini.

5. Pencurian Minyak Hantui Sejumlah Blok Migas

Sejumlah wilayah kerja minyak dan gas (migas) dihantui pencurian minyak berupa pengeboran ilegal (illegal drilling) maupun penempelan pipa tanpa izin (illegal tapping).

Presiden Direktur PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) Albert Simanjuntak mengatakan total kerugian yang dialami pihaknya akibat illegal tapping mencapai Rp23 miliar. Nilai kerugian tersebut berasal dari perhitungan kasar minyak yang dicuri, perbaikan pipa yang dilubangi, dan pembersihan dari minyak yang tumpah.

Baca berita lengkapnya di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
minyak, BPN, imf, blok migas, jiwasraya, nabati, omnibus law

Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top