Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PROYEK TOL PADANG—SICINCIN : PUPR Pastikan Pemindahan Trase

Kementerian PUPR akan terus bersinergi dengan pihak terkait guna mencari alternatif trase yang terbaik.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 09 Desember 2019  |  17:24 WIB
Foto areal pembangunan jalan tol Padang-Sicincin, Rabu (4/12/2019). - Bisnis/Arief Hermawan P.
Foto areal pembangunan jalan tol Padang-Sicincin, Rabu (4/12/2019). - Bisnis/Arief Hermawan P.

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian PUPR memastikan mengakomodasi keinginan warga terdampak untuk memindahkan trase rencana proyek jalan tol Padang—Sicincin.

Direktur Jalan Bebas Hambatan dan Perkotaan, Ditjen Bina Marga, Kementerian PUPR, Hedy Rahadian mengatakan bahwa pengalihan trase akan mengikuti mekanisme yang berlaku terkait dengan proses pengadaan lahan.

"Ya, intinya kami mengikuti mekanisme yang ada [terkait dengan pengadaan lahan], termasuk melakukan perubahan trase apabila diperlukan," ujarnya melalui layanan pesan singkat kepada Bisnis, Kamis (5/12).

Dia menyampaikan bahwa proses pengadaan lahan sempat tertahan karena ada penolakan saat konsultasi publik. Kementerian PUPR, tuturnya, akan terus bersinergi dengan pihak terkait guna mencari alternatif trase yang terbaik.

Ketika Bisnis meminta konfirmasi terkait dengan Surat Gubernur Sumbar tertanggal 11 November 2019, Hedy tidak menjawabnya. Namun, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pihaknya sudah merespons surat Gubernur Sumbar.

"Sudah dibalas," ujar Basuki di sela-sela peresmian jalan tol KunciranSerpong di Ciputat, Tangerang Selatan, Jumat (6/12).

Proyek jalan tol Padang—Sicincin sudah memulai konstruksi sejak 2018 dengan seremoni pemancangan tiang perdana (groundbreaking) oleh Presiden Joko Widodo pada 9 Februari 2018.

Hingga saat ini, penetapan lokasi baru dilakukan sejauh 4,2 kilometer. Dari jumlah itu, konstruksi baru berjalan sepanjang 1,1 kilometer di dua zona yang terpisah.

Ruas tol Padang—Sicincin menjadi bagian dari pembangunan jalan tol Padang—Pekanbaru. Sejak dilakukan pemancangan tiang perdana oleh Presiden Jokowi, progres pembangunannya tergolong lambat karena terkendala pembebasan lahan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol hutama karya jalan tol padang-pekanbaru
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top