Calon Penyewa Mulai Minati Rest Area di ruas Tol Lampung - Sumsel

Yoni Satyo Wisnuwardhono, Kepala Cabang Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayuagung, menjelaskan jalan tol tersebut akan dilengkapi dengan 9 kawasan TIP atau rest area tipe A.
Ropesta Sitorus & Rivki Maulana
Ropesta Sitorus & Rivki Maulana - Bisnis.com 12 September 2019  |  18:35 WIB
Calon Penyewa Mulai Minati Rest Area di ruas Tol Lampung - Sumsel
Petugas melakukan pengecekan rest area KM 215 A ruas tol Terbanggi BesarPematang Panggang, Lampung, Kamis (12/9/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, MESUJI - Meski belum resmi beroperasi, sejumlah pelaku usaha telah menyampaikan minatnya untuk membuka gerai di tempat istirahat dan pelayanan (TIP) jalan tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayuagung (Terpeka), yang terbentang dari Lampung - Sumatra Selatan. 

Yoni Satyo Wisnuwardhono, Kepala Cabang Jalan Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayuagung, menjelaskan jalan tol tersebut akan dilengkapi dengan 9 kawasan TIP atau rest area tipe A.

Dari jumlah tersebut, sebanyak lima TIP akan berada di ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang dan empat lainnya di ruas Pematang Panggang - Kayuagung. 

Salah satu TIP yang akan beroperasi penuh untuk pertama kali yakni TIP KM215 A. Menurut Yoni, dari 56 gerai yang ada di TIP KM 215 A tersebut, sebagian telah diincar oleh sejumlah calon penyewa. PT Hutama Karya (Persero) sebagai operator tak hanya membuka pintu bagi tenant franchise asing tapi juga merek lokal. 

"Sudah banyak peminat. Kalau pemerintah maunya bukan Starbuck tapi kopi Lampung. Makanya kami juga merangkul pelaku usaha mikro kecil menengah dari desa-desa sekitar. Kami inginnya gerai di tempat ini nanti ada berbagai jenis tidak hanya makanan saja ," kata Yoni kepada tim Jelajah Infastruktur Sumatra 2019 Bisnis Indonesia, Kamis (12/9/2019). 

Suasana rest area kilometer 234 Ruas Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang, Lampung, Kamis (12/9/2019). PT Hutama Karya (persero) mempercepat pembangunan 12 rest area di Ruas Tol Bakauheni – Terbanggi Besar, Lampung. BISNIS/Nurul Hidayat

Dari beberapa nama tenant yang telah menyampaikan minta membuka gerai di rest area itu yakni Alfamart dan Indomart. Masuknya dua peritel tersebut, kata Yoni, menunjukkan bahwa lokasi tol Terpeka cukup prospektif. 

Selain itu, area TIP 215 A juga akan diisi dengan tenant dari UMKM binaan badan usaha milik negara seperti Bank BNI dan Bank Mandiri. 

"Kalau sudah ada yang minat berarti lokasinya cukup bagus. Memang sempat ada semacam penolakan dari pelaku UMKM kalau Alfamart dan Indomart masuk. Tapi dari sisi kita, mereka diperlukan supaya ada benchmark harga."

Ruas jalan tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayuagung direncanakan mulai beroperasi penuh pada Oktober mendatang. Saat ini Hutama Karya tengah menunggu sertifikat hasil uji laik operasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Menurut perencanaan, setelah resmi beroperasi traffik lalu lintas di tol tersebut berkisar 8.000 kendaraan per hari. 

Editor : Hendra Wibawa

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top