Rest Area KM 215 A Dibuka Bersamaan dengan Pengoperasian Tol TBPP

Jumlah tempat istirahat dan pelayanan yang direncanakan dibangun di ruas Bakauheni—Terbanggi Besar sebanyak 12 unit.
Rivki Maulana & Ropesta Sitorus
Rivki Maulana & Ropesta Sitorus - Bisnis.com 12 September 2019  |  15:14 WIB
Rest Area KM 215 A Dibuka Bersamaan dengan Pengoperasian Tol TBPP
Petugas melakukan pengecekan rest area KM 215 A ruas tol Terbanggi BesarPematang Panggang, Lampung, Kamis (12/9/2019). - Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, WIRALAGA MULYA — PT Hutama Karya (Persero) menargetkan tempat istirahat dan pelayanan KM 215 A jalan tol Terbanggi Besar—Pematang Panggang bisa dibuka bersamaan dengan pengoperasian jalan tol.

Tempat istirahat dan pelayanan (TIP) KM 215 A merupakan TIP pertama yang bakal beroperasi penuh di koridor jalan tol Bakauheni—Palembang.

Manajer Teknik Tol Terbanggi Besar—Pematang Panggang (TBPP) Saimin Satoto mengatakan bahwa progres fisik TIP KM 215 A telah mencapai 90 persen. Pekerjaan tersisa tinggal pembangunan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

"Di luar SPBU, pembangunan fisik rest area ini sudah selesai," ujarnya kepada Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019, Kamis (12/9/2019).

Satoto menerangkan bahwa TIP KM 215 A dibangun di atas lahan seluas 4 hektare. Bangunan TIP bisa menampung 54 penyewa segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Menurut Satoto, luas area TIP memang di bawah luas area minimal yang dipersyaratkan untuk TIP tipe A. Namun, pembangunan TIP sudah mulai sebelum regulasi yang mengatur luas minimal TIP berdasarkan tipe diterbitkan. Beleid yang dimaksud yaitu Peraturan Menteri PUPR No.10/PRT/M/2018.

Dia menambahkan bahwa rest area masih bisa dikembangkan untuk fasilitas tambahan maupun perluasan fasilitas yang sudah ada.

Terlebih, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) berencana menambah pengaturan jenis fasilitas di TIP, antara lain area hub logistik dan transit antarmoda.

Secara keseluruhan, sedikitnya bakal dibangun sembilan TIP di ruas Terbanggi Besar—Pematang Panggang—Kayu Agung.

Adapun, jumlah TIP yang direncanakan dibangun di ruas Bakauheni—Terbanggi Besar sebanyak 12 unit.

Menurut Satoto, TIP KM 215 A tol TBPP bakal menjadi lokasi penting untuk persinggahan pengemui kendaraan. Lokasi TIP yang dikepung perkebunan karet itu menjadi titik lelah bagi pengemudi dari arah Palembang menuju Lampung.

"Selain titik lelah, rest area ini sesuai dengan interval rest area tipe A setiap 50 kilometer," katanya.

Editor : Zufrizal

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top