Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aprobi Siap Penuhi Alokasi Biodiesel

Ketua Umum Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) M.P. Tumanggor mengatakan pihaknya siap memenuhi alokasi pengadaan biodiesel yang ditetapkan menjadi 2,89 juta kiloliter (kL) sampai Desember 2018.
Ilustrasi biodiesel/Reuters
Ilustrasi biodiesel/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketua Umum Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) M.P. Tumanggor mengatakan pihaknya siap memenuhi alokasi pengadaan biodiesel yang ditetapkan menjadi 2,89 juta kiloliter (kL) sampai Desember 2018.
 
Dia menilai produsen biofuel tidak akan mengalami kesulitan memenuhi alokasi tersebut karena kapasitas terpasang produksi sudah cukup besar.
 
"Kapasitas kami kan sampai 14 juta kL.  Ini kami mau gelontorkan hanya sekitar 3 juta, ya enggak masalah," sebut Tumanggor di Jakarta, Selasa (28/8/2018).
 
Menurutnya, nantinya pengiriman biofuel ke Badan Usaha Bahan Bakar Minyak (BU BBM) akan dilakukan secara bertahap tiap bulannya.  
 
Di sisi lain, Aprobi juga tak masalah dengan adanya penerapan sanksi kepada Badan Usaha Bahan Bakar Nabati (BU BBN) berupa denda Rp6.000 per liter.  Penerapan tersebut dipandang sudah tepat untuk mencegah adanya keterlambatan pengiriman ke BU BBM.
 
Kendati penetapan alokasi terbilang mepet, Tumanggor memastikan ketersediaan biodiesel mencukupi untuk pelaksanaan mulai 1 September 2018.
 
"Untuk tanggal 1 itu kan masih banyak stok Pertamina.  Jadi enggak lah. Kami harapkan enggak ada lagi [keterlambatan penyaluran] karena takut denda. Kalau saya misalkan 10.000 liter sama dengan 10 juta kL, denda Rp6.000, jadi Rp60 miliar," tuturnya.
 
Adapun tanda tangan kontrak pengadaan biodiesel rencananya akan dilakukan pada Rabu (29/8) di Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper