Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Subsidi Listrik Bakal Ditambah ke 7 Juta Pelanggan 900 VA

Pemerintah mengusulkan tambahan penerima subsidi listrik dalam anggaran pendapatan dan belanja negara setelah perubahan (APBNP) 2017 dari 4,1 juta pelanggan menjadi 7 juta pelanggan.

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah mengusulkan tambahan penerima subsidi listrik dalam anggaran pendapatan dan belanja negara setelah perubahan (APBNP) 2017 dari 4,1 juta pelanggan menjadi 7 juta pelanggan.

Dalam rapat kerja di Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan dasar usulan tambahan subsidi listrik berasal dari tambahan pelanggan kategori 900 volt ampere (VA).

Dari hasil survei di lapangan yang dilakukan Kementerian ESDM dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), terdapat tambahan pelanggan 2,44 juta pelanggan kategori 900 VA yang dianggap perlu masih mendapat subsidi.

Dengan demikian, dari 4,1 juta pelanggan yang masih mendapat subsidi, jumlahnya naik menjadi 6,54 juta pelanggan. Dia pun menilai bila target ingin dibuat ketat, bisa ditetapkan sebesar 6,54 juta pelanggan. Namun, bila ingin sedikit longgar bisa ditetapkan 7 juta pelanggan.

Data tersebut, katanya, telah disampaikan kepada Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dan Kementerian Sosial. Angka pelanggan 900 VA, katanya, bisa terus bergerak karena pelanggan baru 900 VA bisa bertambah.

"Kalau ada tambahan kayaknya malah bukan 6,4 tapi jadi 7. Ada juga tambahan pelanggan baru. Ini angka moving, bergerak terus. Tahun depan bisa aja nambah lagi," ujarnya di Jakarta, Senin (9/7/2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper