Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Negara di Asean Siap Ramaikan Riau MEA Expo 2016

Lima negara di Asean yaitu Indonesia, Bruinei Darussalam, Malaysia, Singapura dan Thailand akan meramaikan pameran Riau MEA Expo.
Asean/Ilustrasi
Asean/Ilustrasi

Bisnis.com, PEKANBARU - Lima negara di Asean yaitu Indonesia, Bruinei Darussalam, Malaysia, Singapura dan Thailand akan meramaikan pameran Riau MEA Expo. Hal ini merupakan upaya dari pihak pengusaha untuk menarik investor asing ke Riau.

Beta Dennis, Direktur PT Atiro Luki selaku penyelenggara, mengatakan satu negara lagi Vietnam juga sudah berkomunikasi dengan pihak panitia untuk meramaikan acara yang dilaksanakan pada 24-27 November 2016 itu.

"Empat negara asing tersebut sangat berminat berinvestasi di Riau yang merupakan daerah sentra perkebunan sawit dan minyak bumi terbesar di Indonesia," kata Dennis, Rabu (16/11/2016).

Pihak penyelanggara juga masih berkomunikasi dengan beberapa negara lain. Dalam acara yang digelar bersama Kadin Riau tersebut akan disediakan ratusan stan yang berasal dari seluruh Indonesia dan empat negara asing itu.

Dennis mengatakan pihaknya juga mempersilahkan siapa saja pelaku usaha di Indonesia, khususnya Riau untuk meramaikan acara tersebut. Pelaku usaha dan pemerintah daerah bersinergi untuk menarik investor dari luar negeri untuk mengejar target realisasi investasi tahunan di daerah itu.

Pemerintah Provinsi Riau merekomendasikan investasi di sektor unggulan cruide palm oil dan minyak bumi. Sektor perekonomian unggulan seperti CPO, minyak bumi, kelapa, karet, sagu dan lainnya masih bisa dikembangkan dengan pembukaan industri hilir.

Pemerintah merekomendasikan lahan di Kawasan Industri Dumai, Kawasan Industri Tanjung Buton dan Kawasan Industri Kuala Enok.

Data terakhir, realisasi investasi Riau mencapai Rp10,44 triliun di Semester I/2016. Realisasi tersebut akan bertambah sekitar Rp5 triliun oada Kuartal III/2016. Pemerintah Provinsi Riau terus berupaya menggaet investor di sisa akhir tahun ini.

Saat ini, tercatat sudah ada beberapa korporasi raksasa dari luar negeri yang akan berinvestasi di Riau. Perusahaan besi dan baja Sinosteel dari China dan CPC dari Taiwan akan membangun industri hilir minyak bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper