Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setelah di Gresik, PT Pupuk Indonesia Energi Akan Bangun Pembangkit di Aceh

PT Pupuk Indonesia Energi (PIE), anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero), segera membangun pembangkit listrik di PT Pupuk Iskandar Muda menyusul proyek pembangkit listrik di PT Petrokimia Gresik yang sedang konstruksi
Ilustrasi. /pln.co.id
Ilustrasi. /pln.co.id
Bisnis.com, SURABAYA -- PT Pupuk Indonesia Energi (PIE), anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero), segera membangun pembangkit listrik di PT Pupuk Iskandar Muda  menyusul proyek pembangkit listrik di PT Petrokimia Gresik yang sedang konstruksi.
 
Direktur Operasi PT Pupuk Indonesia Kuntari L. Wahyuningdyah mengatakan pembangkit listrik itu akan menggunakan batubara sebagai bahan bakar, berbeda dengan pembangkit listrik di Petrokimia Gresik yang menggunakan gas.
 
"Pembangkit PIM (Pupuk Iskandar Muda) sedang tender. Proyek mulai jalan akhir tahun ini," katanya di sela pemancangan tiang pertama proyek pembangkit listrik dan uap Petrokimia Gresik, Sabtu (30/1/2016).
 
Dengan durasi masa konstruksi 33 bulan, maka proyek itu diperkirakan rampung semester II/2019. 
 
PEI dibentuk pada 2014 untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan listrik dan uapdi seluruh pabrik pupuk yang bernaung di bawah holding BUMN pupuk PT Pupuk Indonesia. Grup itu mencakup PT Pupuk Kaltim, PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Sriwijaya Palembang, PT Pupuk Kujang, PT Pupuk Iskandar Muda, dan PT Rekayasa Industri.
 
Di Petrokimia Gresik, PEI membangun pembangkit listrik dan uap berkapasitas terpasang 22 MW listrik dan 160 ton per jam uap dengan nilai kontrak proyek US$47 juta. Proyek yang mulai dibangun November 2015 itu akan rampung September 2017 dan beroperasi komersial dua bulan kemudian. 
 
Selain di Gresik dan Aceh, PEI akan membangun pembangkit listrik di Palembang, Cikampek, dan Bontang, yang saat ini masih dalam tahap studi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper