3 Tahun Pupuk Indonesia Energi , Mewujudkan Kemandirian Energi Untuk Industri Pupuk Nasional

Keunggulan kompetitif adalah kunci utama yang harus dimiliki setiap perusahaan dalam upaya memenangkan persaingan di era kompetisi global saat ini.

Keunggulan kompetitif adalah kunci utama yang harus dimiliki setiap perusahaan dalam upaya memenangkan persaingan di era kompetisi global saat ini. Syarat itu berlaku bagi perusahaan besar maupun kecil; dan bagi perusahaan lama, maupun perusahaan yang baru berkembang, mengingat ritme persaingan dunia usaha dewasa ini semakin ketat.

Keunggulan kompetitif itulah yang terus dibangun dan dikembangkan oleh PT. Pupuk Indonesia Energi (PI Energi), entitas anak dari kelompok usaha PT Pupuk Indonesia (persero), yang didirikan pada 18 Agustus 2014. Tujuan pendiriannya adalah untuk meningkatkan daya saing Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pupuk yang menjadi induknya.

PI-Energi sendiri merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri penghasil energy untuk memasok seluruh anak perusahaan yang bernaung di dalam kelompok usaha PT Pupuk Indonesia (Persero). Semua anak usaha itu bergerak di bidang industri pupuk dan agrokimia.

Dengan kecenderungan produksi gas bumi nasional yang menurun dan tren harga gas yang terus meningkat, PI-Energi juga didirikan untuk menjalankan amanat Instruksi Presiden No.2 Tahun 2010 tentang revitalisasi industry pupuk guna tetap menjaga keberlangsungan usaha dan daya saing perusahaan pupuk di lingkungan grup PT Pupuk Indonesia (Persero)

PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama-sama dengan Anak Perusahaannya yaitu PT Petrokima Gresik, PT Pupuk Kujang Cikampek, PT Pupuk Kalimantan Timur, PT Pupuk Iskandar Muda, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang dan PT Rekayasa Industri mendirikan PI-Energi untuk memproduksi dan menyuplai energy dan utilitas keseluruh perusahaan di lingkungan kelompok usaha PT Pupuk Indonesia (Persero) pada khususnya, serta keindustri atau perusahaan lain pada umumnya.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan daya saing industry pupuk dengan menciptakan kemandirian energi. Peningkatan daya saing tersebut antara lain dilakukan dengan mengupayakan efisiensi biaya produksi oleh BUMN pupuk, melalui penggunaan teknologi yang ramah lingkungan dan penghematan bahan baku serta energi.

PI-Energididirikan agar komponen energi di dalam grup PT Pupuk Indonesia (Persero)dapat diubah daricost centre menjadi profit centre. Selain itu, PI-Energi juga dibentuk sebagai langkah energy business clustering di bidang energi, dalam grup PT Pupuk Indonesia (Persero), yang nantinya akan dikelola oleh PI-Energi.

PI-Energi diberi amanah untuk memasok kebutuhan energi bagi seluruh anak perusahaan di dalam kelompokusaha PT Pupuk Indonesia (Persero) yang bergerak di industry pupuk dan agrokimia.

Pasokan energy berupa listrik dan uap diberikan dengan kehandalan yang tinggi sesuai kebutuhan industri, dan harga energi yang kompetitif sebagai salah satu komponen Harga Pokok Produksiutama, untuk meningkatkan daya saing produk-produk grup Pupuk Indonesia di pasaran.

Saat ini, PI Energi berfokus pada penyelesaian proyek Gresik Gas Cogeneration Plant (GGCP). GGCP adalah proyek yang dilaksanakan untuk memasok listrik dan steam ke PT Petrokimia Gresik (PKG). PKG sendiri saat ini sedang mengembangkan fasilitas produksi terbarunya, yaitu Pabrik Amurea II.

 Aksi Korporasi

Selain membangun GGCP, PI-Energi juga telah melakukan akuisisi saham mayoritas PT Kaltim Daya Mandiri (KDM) di Bontang, Kalimantan Timur pada akhir tahun 2016 lalu. Akusisi dilakukan sebagai perwujudan energy business clustering di grup Pupuk Indonesia.

Rencana jangka pendek, kedepan PI Energi menargetkan akuisisi saham mayoritas PT Rekind Daya Mamuju (RDM) di Sulawesi Barat, serta pengembangan IPP baru untuk Pupuk Iskandar Muda di Aceh dan Pupuk Kujang di Cikampek.

PI Energi masih fokus kepada offtaker utamanya yaitu pabrik pupuk di dalam Grup Pupuk Indonesia dan perusahaan-perusahaan lain yang berlokasi di dalam kawasan industri Grup Pupuk, terutama di Bontang dan Gresik.

Industri Pupuk adalah salah satu industri yang membutuhkan  energi dalam volume besar dengan tingkat keandalan yang tinggi. Membangun IPP sendiri adalah solusi yang diberikan PI Energi untuk menjamin kontinuitas operasional pabrik-pabrik di dalam grup Pupuk Indonesia.

Saatini, seluruh aksi korporasi, berupa akuisisi IPP, dilaksanakan dalam rangkaenergy business clustering di Grup Pupuk Indonesia di bawah pengelolaan PI-Energi. Dalam jangka panjang, PI-Energi berniat untuk melebarkan sayapnya dengan mengakuisisi IPP diluar grup Pupuk Indonesia.

Harapan sekaligus cita-cita Direktur Utama PI Energi, Tentaminarto Tri Februartono menjelang ulang tahun ketiga PI-Energi yang jatuh pada 18 Agustus 2017 adalah PI Energi dapat mewujudkan tujuan pembentukannya untuk mengubah komponen energi di grup Pupuk Indonesia daricost centre menjadi profit centre.

Selaini tu, Tenta juga berharap agar PI Energi dapat mulai berkiprah, tidak hanya di dalam grup Pupuk Indonesia (Persero), namun juga dalam bisnis IPP skala nasional dalam rangka mendukung ketahanan pangan dan ketahanan energi Indonesia. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper