Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fitch Harapkan Jokowi Keluarkan Aturan Baru di Sektor Ritel

PT Fitch Ratings menilai kebijakan pemerintah akan tetap menjadi penghambat utama rencana ekspansi peritel modern di Indonesia.
Lavinda
Lavinda - Bisnis.com 27 Agustus 2014  |  23:52 WIB
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—PT Fitch Ratings menilai kebijakan pemerintah akan tetap menjadi penghambat utama rencana ekspansi peritel modern di Indonesia.

Associate Director PT Fitch Ratings Indonesia Erlin Salim menyampaikan peritel modern yang dimaksud antara lain minimarket, convenience stores, dan hypermarket.

Menurut dia, kebijakan baru di sektor ritel merupakan faktor yang harus dipertimbangkan oleh Joko Widodo saat resmi menjabat Presiden pada Oktober 2014.

“Meskipun Fitch tidak berekspektasi adanya peraturan baru yang lebih memihak pedagang tradisional dibandingkan peritel modern,”katanya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Rabu (27/8/2014).

Jokowi, sapaan akrabnya, dalam kampanye menjanjikan reformasi sosial seperti memperbaiki infrastruktur, pengembangan daerah pedesaan, dan mengurangi kesenjangan sosial. Dia dikenal lewat dukungannya terhadap pedagang tradisional ketika masih menjabat sebagai Walikota Solo.

Namun, Fitch percaya bahwa kebijakan otonomi daerah, ditambah dengan birokrasi dan peraturan yang lebih kompleks di tingkat nasional dapat menetralkan dukungan, jika memang terealisasi, dari pemerintah pusat.

Sektor ritel modern tumbuh lebih cepat dibandingkan pedagang tradisional selama 5 tahun terakhir. Akan tetapi kontribusi terhadap seluruh industri ritel hampir tidak berubah di kisaran 20%.

Indonesia memiliki penetrasi ritel modern ynag paling rendah dibandingkan negara tetangga. Dengan tingkat penetrasi 14%, Indonesia jauh tertinggal dibandingkan Filipina yang 25%, atau Malaysia 53%. Hal ini menyiratkan pasar yang masih belum berkembang dan ruang yang cukup untuk ekspansi.

Fitch berekspektasi sektor ritel modern akan tetap berkembang dalam jangka menengah, didukung oleh kesempatan ekpansi di luar Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ritel jokowi capres 2014
Editor : Nurbaiti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top