Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TOL CIKARANG-PRIOK: Pembebasan Lahan Ditargetkan Rampung 2014

Ismail Fahmi
Ismail Fahmi - Bisnis.com 21 Mei 2013  |  05:07 WIB
TOL CIKARANG-PRIOK: Pembebasan Lahan Ditargetkan Rampung 2014

BISNIS.COM, BEKASI-- Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menargetkan pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol Cikarang-Tanjungpriok rampung pada 2014.

"Tanah yang akan kami bebaskan berada dalam wilayah Kabupaten Bekasi sepanjang 29 kilometer. Sedangkan sisanya sepanjang 5 kilometer, merupakan tanggung jawab DKI Jakarta," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Muhyidin, di Cikarang, Senin. (20/5)

Menurut dia, jalan tol tersebut rencananya akan menghubungkan Tanjungpriok-Cikarang dengan panjang total 34 kilometer dan lebar 60 meter.

"Jalan tol ini kami khususkan untuk keperluan ekspedisi barang dari kawasan industri Kabupaten Bekasi menuju pelabuhan Tanjungpriok," katanya.

Proyek tersebut, kata dia, nantinya akan dikerjakan langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum. Sedangkan Peran Pemkab Bekasi hanya bertugas menyediakan pembebasan lahan.

"Kami sudah bentuk tim pembebasan lahan yang diketuai oleh Dinas Tata Ruang sebagai fasilisator. Ditargetkan 2014 selesai," katanya.

Menurut dia, satu-satunya kendala dalam upaya pembebasan lahan adalah melonjaknya harga tanah di sekitar lokasi proyek tersebut.

"Harga tanah yang dilewati jalan tol Cikarang-Tanjungpriok terus naik. Sehingga pembebasan tanah menjadi terkendala," katanya.

Menurutnya, lonjakan harga tanah tersebut disebabkan karena banyak spekulan yang memanfaatkan situasi untuk mencari untung. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembebasan lahan 2014 tol cikarang-priok pemkab bekasi
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top