Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rezim Pemerintahan Jokowi Berakhir, LMAN Lempar Bola Panas 48 PSN yang Belum Selesai ke PUPR

Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Kementerian Keuangan mengungkapkan, ada 48 proyek strategis nasional (PSN) yang dikelolanya namun belum selesai.
Kementerian PUPR menuntaskan pembangunan Bendungan Temef di NTT/Kementerian PUPR
Kementerian PUPR menuntaskan pembangunan Bendungan Temef di NTT/Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA — Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Kementerian Keuangan mengungkapkan ada 48 proyek strategis nasional (PSN) yang dikelolanya namun belum selesai. LMAN beralasan hanya mengelola pendanaan, bukan kontruksi seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Direktur Pengadaan dan Pendanaan Lahan LMAN Rustanto menjelaskan, pihaknya total mengelola pendanaan 126 PSN. Kendati demikian, yang selesai baru 78 PSN (61%). Rustanto tidak menampik masih ada 48 PSN yang belum selesai. Namun, dia menegaskan pengerjaan PSN merupakan tanggung jawab bersama.

"PSN ini merupakan sebuah projek yang melibatkan banyak pihak atau sebuah ekosistem, yang mana LMAN di sini sebagai pihak yang mengerjakan dana dan dana kelolaannya, sementara secara konstruksi itu umumnya dari PUPR," jelasnya dalam Media Briefing di Kantor LMAN, Jakarta Pusat, Senin (7/10/2024).

Dia mencontohkan, LMAN harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan Kementerian PUPR ketika ingin memberi informasi ihwal adanya peresmian PSN karena berkaitan dengan progres kontruksi. Bahkan, Rustanto menjelaskan bahwa Kantor Staf Kepresidenan, Kemenko Marves, dan Kemenko Perekonomian juga turut tangan untuk awasi realisasi PSN agar selesai tepat waktu.

"Artinya, tadi di awal saya sampaikan ini [pengerjaan PSN] adalah ekosistem sehingga kita ingin, 'Oh ini harus selesai duluan.' Kita rapatkan bagaimana upaya-upaya, kendalanya di mana, kita selesaikan bareng," katanya.

Lebih lanjut, Rustanto menyatakan ada belasan PSN yang akan diresmikan dalam waktu dekat yaitu 8 bendungan, 3 jalan tol trans-Sumatra, dan 1 jalan tol jalur Selatan. 12 PSN tersebut, sambungnya, ditargetkan akan selesai pada tahun ini.

Sementara itu, Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi menambahkan bahwa salah satu dari tiga tugas utama lembaga yang dipimpinnya memang pendanaan PSN. Sejak menerima proyek pertama pada 2017, sambungnya, LMAN sudah mengelola pendanaan 126 PSN.

"78 di antaranya sudah selesai atau sudah beroperasi," ungkap Basuki pada kesempatan yang sama.

Oleh sebab itu, dia menyatakan pertahunnya LMAN menyelesaikan rata-rata 8 sampai 9 PSN. Menurutnya, jumlah tersebut patut dibanggakan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper