Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei BI: Optimisme Konsumen Terhadap Ekonomi Naik Per Agustus 2024

Bank Indonesia (BI) melaporkan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi Indonesia semakin optimistis pada Agustus 2024.
Karyawan berada di dekat logo Bank Indonesia di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan berada di dekat logo Bank Indonesia di Jakarta. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) melaporkan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi Indonesia semakin optimistis pada Agustus 2024 setelah sebelumnya naik tipis pada Juli 2024.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyampaikan bahwa hasil Survei Konsumen BI menunjukkan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Agustus 2024 sebesar 124,4, naik dari posisi bulan sebelumnya yang sebesar 123,4.

“Survei Konsumen Bank Indonesia pada Agustus 2024 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Senin (9/9/2024). 

Erwin menjelaskan meningkatnya keyakinan konsumen pada Agustus 2024 didorong oleh menguatnya keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi terhadap kondisi ekonomi ke depan. 

Di mana Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) Agustus 2024 tercatat masing-masing sebesar 114,0 dan 134,9. 

Peningkatan IKE Agustus 2024 terutama didorong oleh Indeks Penghasilan Saat Ini yang meningkat 1,5 poin menjadi sebesar 122,9. 

Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja dan Indeks Pembelian Barang Tahan Lama (Durable Goods) juga tetap terjaga pada area optimis, masing-masing sebesar 107,6 dan 111,5. 

Sementara IEK yang mencerminkan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi enam bulan ke depan, terpantau meningkat. Di mana IEK Agustus 2024 berada dalam zona optimis meningkat sebesar 1,6 poin menjadi sebesar 134,9. 

“Menguatnya IEK didorong oleh peningkatan seluruh komponennya, yaitu ekspektasi terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, dan kegiatan usaha, masing- masing meningkat menjadi sebesar 140,0, 132,2, dan 132,6,” jelasnya. 

Secara umum, keyakinan konsumen terpantau tetap optimis pada seluruh kategori

pengeluaran. Terpantau dalam survei Agustus 2024, peningkatan IKK tertinggi tercatat pada responden dengan pengeluaran >Rp5 juta. 

Berbeda dengan hasil survei bulan lalu, konsumen dengan kelompok pengeluaran Rp2,1 juta hingga Rp3 juta yang lebih optimistis terhadap kondisi ekonomi. 

Sementara berdasarkan usia, optimisme terhadap ekonomi terjadi pergeseran dari bulan sebelumnya yang terjadi pada kelompok usia 20-30 tahun, kini usia di atas 41 tahun. 

Secara spasial, IKK meningkat di sebagian besar kota yang disurvei, terbesar di Kota Pontianak (13,2 poin) diikuti Padang (8,8 poin) dan Makassar (8,6 poin).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper