Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rampung Akhir 2024, Intip Progres Tol Probolinggo-Banyuwangi

Kementerian PUPR menargetkan konstruksi proyek strategis nasional Tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi) tahap 1 dapat rampung pada akhir 2024.
Proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi di Jawa Timur - Dok. Jasa Marga
Proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi di Jawa Timur - Dok. Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan konstruksi proyek strategis nasional (PSN) Tol Probolinggo – Banyuwangi (Probowangi) tahap 1 dapat rampung pada Desember 2024.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mencatat rata-rata progress Tol Probowangi Tahap 1 Yakni Gending – Besuki mencapai 43,95%. 

“Untuk tahap 1 yang terdiri dari 3 Seksi dari Gending hingga Besuki ditargetkan akan rampung konstruksinya pada Desember 2024,” demikian tulis manajemen BPJT dalam akun Instagram resminya, dikutip Rabu (17/7/2024).

Adapun, rincian progres 3 seksi ruas Tol Probowangi tahap 1 di antaranya, Seksi 1 Gending – Krakasan sepanjang 12,88 kilometer (km) mencapai 60,08%.

Kemudian, Seksi 2 Krakasan – Paiton sepanjang 11,2 km progres konstruksinya mencapai 40,40% dan Seksi 3 Paiton – Besuki progres konstruksinya mencapai 31,38%.

Nantinya, Jalan Tol Probowangi tahap 1 akan memiliki 3 simpang susun (SS), yakni SS Krakasan, SS Paiton, dan SS Besuki. Ruas tol ini juga bakal dilengkapi dengan 3 gerbang tol, yakni GT Krakasan, GT Paiton, an GT Besuki. 

Apabila telah beroperasi, Jalan Tol Probowangi tahap 1 ruas Probolinggo – Besuki bakal memangkas waktu tempuh yang mulanya 1 jam 15 menit menjadi 30 menit saja dengan kecepatan rata-rata waktu tempuh berkendara 80-100 km/jam.

Sementara itu, untuk tahap 2 Tol Probowangi yang mencakup ruas Besuki hingga Banyuwangi sepanjang 125,72km ditargetkan konstruksinya rampung setelah 2024.

Sebagai informasi, tahap 2 Tol Probowangi terdiri dari 4 seksi. Perinciannya, Seksi 4 Besuki – Situbondo (42,3 km), Seksi 5 Situbondo – Asembagus (16,76 km), Seksi 6 Asembagus – Bajulmati (37,45km), dan Seksi 7 Bajulmati – Ketapang (29,21%). 

Adapun, Jalan Tol ini dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) melalui entitas usahanya yakni PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB).

Sebelumnya, Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga Agus Setiawan, menjelaskan bahwa apabila proses konstruksi Tol Probowangi berjalan sesuai rencana maka pihaknya menargetkan bakal mengoperasikan 2 ruas Tol Probowangi tahap 1 di akhir tahun ini. 

"Konstruksinya sudah berjalan dan diharapkan untuk Seksi 1 dan 2 sepanjang kurang lebih 35 kilometer akan bisa dioperasikan pada akhir tahun 2024," tuturnya.

Sementara untuk Seksi 3 Paiton – Besuki (25,6 km) yang saat ini progres konstruksinya sebesar 0,65% ditargetkan akan rampung pada awal 2025.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Alifian Asmaaysi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper