Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Ruas Tol IKN Fungsional Bulan Depan, PUPR: Balikpapan-IKN Cuma 70 Menit

Fungsional Jalan Tol Akses IKN akan dapat memangkas waktu perjalanan dari Balikpapan menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) menjadi 70 menit.
Progres Jalan Tol IKN Nusantara/Kementerian PUPR
Progres Jalan Tol IKN Nusantara/Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak tiga ruas Jalan Tol Akses Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal mulai fungsional pada 17 Agustus 2024. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengeklaim, fungsional tol tersebut akan dapat memangkas waktu perjalanan dari Balikpapan menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Imam Santoso Ernawi menyebut, dengan fungsional jalan bebas hambatan itu bahkan dapat memangkas waktu tempuh dari Balikpapan ke IKN menjadi 70 menit dari umumnya 2 jam.

“Reguler sih 2 jam, tetapi kita sedang siapkan. Nanti, 17-an itu siap untuk akses dari Balikpapan ke KIPP bisa ditempuh 70 menit,” jelasnya di Jakarta, Kamis (11/7/2024).

Imam menjelaskan, fungsional Tol IKN itu tetap akan menggunakan sejumlah jalan provinsi. Pasalnya, hingga saat ini konstruksi Tol IKN belum rampung sepenuhnya.

“Jadi bisa memanfaatkan beberapa seksi jalan tol yang akan tersambung dengan jalan existing yang melewati jembatan Pulau Balang,” tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis H. Sumadilaga menjelaskan, nantinya ruas yang bakal fungsional, antara lain sebagian Tol IKN seksi 3A, yakni Karangjoang – KKT Kariangau dan seksi 3B KKT Kariangau – Simpang Tempadung. 

“Sebagian seksi 3A hingga masuk ke seksi 3B, itu fungsional sampai ke sana [KIPP IKN] pada 17 Agustus 2024. Jadi fungsional untuk HUT RI bisa insyaallah,”

Danis menambahkan, fungsional tol tersebut nantinya akan dilakukan dengan skema one way dan hanya menggunakan satu jalur ruas tol saja.

Adapun, dalam satu jalur yang dioperasikan tersebut terdapat tiga lajur tersedia yang bisa dilintasi oleh para tamu upacara nantinya. 

“Sudah bagus progresnya sudah diaspal, jadi target kita pokoknya itu akan [fungsional] satu jalur atau satu arah dan tersedia tiga lajur,” pungkasnya. 

Asal tahu saja, Kementerian PUPR saat ini memang tengah fokus menyelesaikan tiga ruas Tol IKN, yakni seksi 3A, 3B dan 5A. Perinciannya, Jalan Tol IKN Seksi 3A membentang dari Karangjoang – KKT Karingau progresnya mencapai 80,2%.

Kemudian, seksi 3B pada segmen KKT Karingau – SP. Tempadung sebesar 88,8% dan seksi 5A SP. Tempadung – Jembatan Pulau Balang saat ini progres konstruksinya telah menyentuh 86,8%.  


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper