Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Waisak 2024 Usai, Penumpang Whoosh Menuju Jakarta Alami Kenaikan

KCIC mengalami kenaikan volume penumpang Kereta Cepat Whoosh pada arus balik libur panjang Waisak 2024.
Seorang penumpang memasuki rangkaian Kereta Cepat WHOOSH Indonesia di Stasiun Tegalluar, Jawa Barat pada Senin (9/10/2023)./Bisnis-Lorenzo
Seorang penumpang memasuki rangkaian Kereta Cepat WHOOSH Indonesia di Stasiun Tegalluar, Jawa Barat pada Senin (9/10/2023)./Bisnis-Lorenzo

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengalami kenaikan volume penumpang Kereta Cepat Whoosh pada arus balik libur panjang Waisak 2024.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, untuk hari ini pada Minggu (26/5/2024) volume penumpang masih mengalami lonjakan, hanya saja penumpang Whoosh untuk hari ini lebih banyak menggunakan kereta dengan keberangkatan dari wilayah Bandung menuju Jakarta.

Pada hari ini sekitar 13.000 tiket terjual untuk relasi keberangkatan dari Stasiun Padalarang dan Stasiun Tegalluar menuju Halim. Sementara 6.500 tiket lainnya merupakan relasi keberangkatan dari Stasiun Halim. 

Jumlah tersebut masih akan meningkat, mengingat penjualan tiket masih berlangsung hingga keberangkatan kereta terakhir malam nanti.

“Alhamdulillah meski terdapat lonjakan yang tinggi, seluruh petugas dapat melayani penumpang dengan baik. Melalui antisipasi dan kolaborasi dengan seluruh stakeholder, pelayanan selama masa libur panjang akhir pekan kali ini berlangsung dengan aman, lancar, dan terkendali,” kata Eva dalam keteranganya, Minggu (26/5/2024).

Dalam mengantisipasi lonjakan penumpang, KCIC mengoperasikan 48 perjalanan Whoosh perhari. Penumpang dapat melakukan pemesanan tiket kurun waktu 14 hari sebelum perjalanan melalui saluran resmi yang tersedia.

Seperti, aplikasi Whoosh, situs ticket.kcic.co.id, Ticket Vending Machine dan Loket resmi di stasiun serta aplikasi mitra seperti Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.

KCIC mengingatkan kepada seluruh penumpang untuk hadir setidaknya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan. Penumpang diharapkan untuk dapat mengatur jadwal perjalanannya ke stasiun untuk menghindari keterlambatan dan tertinggal perjalanan Whoosh maupun KA Feeder.

"Bagi penumpang yang akan kembali ke Jakarta dari Bandung, kami menyarankan untuk menggunakan KA Feeder untuk menuju Stasiun Padalarang. Hal tersebut dikarenakan penumpang akan mendapatkan kepastian jadwal perjalanan dan terhindar dari kemacetan di tengah tingginya arus kendaraan di jalan raya pada masa libur kali ini," ucap Eva.

Adapun, KCIC sendiri mencatat sejak Rabu (22/5/2024) sampai Senin (27/5/024), KCIC telah menjual sebanyak 100 ribu tiket Whoosh. Jumlah ini masih akan terus bertambah, seiring penjualan masih berlangsung di masa arus balik pada hari ini hingga Senin pagi.

Selama periode libur panjang ini, jumlah penumpang tertinggi terjadi pada hari Rabu (22/5/2024) dengan total mencapai 21.267 penumpang. 

Stasiun Halim menjadi stasiun paling ramai dengan keberangkatan tertinggi perhari mencapai sekitar 13.500 penumpang. Pada momen tersebut, dari 24 jadwal keberangkatan, sebanyak 21 jadwal sejak pukul 06.40 hingga 18.50 seluruhnya habis terjual.

Sebanyak 80% penumpang Whoosh dari Stasiun Halim tersebut turun di Stasiun Padalarang dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan KA Feeder.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukman Nur Hakim
Editor : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper