Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar 16 PSN Baru Jelang Jokowi Lengser, Ada MLFF hingga InJourney

Pemerintah memastikan terdapat tambahan pada daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) baru jelang Presiden Jokowi lengser.
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers di Jakarta, Senin (4/3/2024). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers di Jakarta, Senin (4/3/2024). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

9. Kawasan Pesisir Surabaya Waterfront Land

Proyek yang diusulkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk menjadi PSN ini memliki nilia investasi awal Rp5 triliun dan akan dilanjutkan investasi senilai Rp50 triliun oleh konsorsium Kapal Api Grup dengan China. 

10. Kawasan Neo Energy Morowali Estate, Sulawesi Tengah

Proyek senilai Rp150 triliun di Morowali ini berupa smelter yang akan memproduksi Nickel Matte, MHP, Battery Packs, dan Battery Cell yang didukung oleh Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dan bermitra dengan Gotion High Tech dan Volkswagen Group.

11. Kawasan Terpadu di Bumi Serpong Damai (BSD)

Kawasan yang akan dikembangkan mencakup 59 ha untuk sektor kesehatan, kesehatan, dan pendidikan senilai Rp18,5 triliun.

12. Kawasan Industri Toapaya Bintan, Riau

Kawasan industri atas rekomendasi menteri perindustrian dan BKPM ini memiliki nilai investasi Rp120,5 triliun yang merupakan perluasan KEK Galang Batang untuk industri petrokimia.

13. Jalan Tol Wiyoto-Wiyono Section Harbour Road II

Pembangunan jalan tol oleh swasta ini dengan investasi senilai Rp15,8 triliun. Di mana saat ini konstruksi sedang berprogres untuk Seksi Ancol Timur – Pluit, dengan progres 11,74%.

14. Jalan Tol Dalam Kota Bandung

Untuk pengembangan ini akan dilakukan investasi secara KPBU senilai Rp7,83 triliun. Terdiri dari lingkup Bandung Intra Urban Toll Road dan North South Link di Bandung. Untuk North South Link menghubungkan Jalan Tol Padaleunyi dengan Jalan Tol Dalam Kota Terusan Pasteur – Ujungberung dan bagian dari jalan Tol Soreang Pasirkoja.

15. Program Multi Lane Free Flow (MLFF)

Program skema KPBU ini memiliki target investasi mencapai Rp4,49 triliun. Pelaksanaan MLFF diselenggarakan secara bertahap sesuai dengan peta jalan (Roadmap) MLFF yang disusun oleh Kementerian PUPR. Saat ini pelaksanaan MLFF sedang dalam tahap pengujian scenario untuk mekanisme hybrid terlebih dahulu. 

16. Peningkatan Konektivitas Udara

Program milik BUMN InJourney ini belum tercatat nilai investasinya. Program ini akan mengintegrasikan operator bandara dalam pembentukan subcluster bandara serta inklusi maskapai penerbangan. 

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper