Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PUPR Pastikan Tol IKN Bakal dan Balsam Tersambung Sebelum Agustus 2024

Kementerian PUPR memastikan tol akses Ibu Kota Nusantara (IKN) akan terintegrasi dengan ruas Tol Balikpapan - Samarinda (Balsam) sebelum Agustus 2024.
Progres Jalan Tol IKN Nusantara/Kementerian PUPR
Progres Jalan Tol IKN Nusantara/Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan tol akses Ibu Kota Nusantara (IKN) akan terintegrasi dengan ruas Tol Balikpapan - Samarinda (Balsam) sebelum Agustus 2024.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menuturkan Tol Akses IKN akan terhubung dengan Tol Balsam tepatnya di KM 8 - Kariangau. Dengan demikian, nantinya pengendara tidak perlu melewati Tol Balsam hingga KM 33, kemudian menuju Sepaku dan masuk ke IKN Nusantara yang membutuhkan waktu kira-kira 1 jam 30 menit. 

"Tol IKN sepanjang 27 KM dari Kariangau sampai ke Jembatan Pulau Balang. Ini  yang akan kita manfaatkan pada 17 Agustus 2024 sebanyak 3 lajur," kata Basuki dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (12/5/2024).

Adapun, secara keseluruhan progres pembangunan tol telah mencapai 81% dan diharapkan dapat digunakan secara fungsional sebelum pelaksanaan upacara 17 Agustus 2024 di IKN Nusantara. 

Saat ini pelaksanaan konstruksi jalan tol terus berjalan, termasuk pekerjaan overpass, beautifikasi, dan kelengkapan jalan tol. 

Basuki memastikan, secara keseluruhan tidak ada hambatan dalam pembangunan Tol Akses IKN, hanya perlu sedikit perhatian pada pembangunan jembatan Sungai Wain karena struktur tanahnya. 

"Secara fisik tidak ada hambatan untuk pembangunan Tol IKN, tetapi ada sedikit di lokasi sini (Jembatan Sungai Wain), tetapi kita upayakan akan selesai semua Agustus 2024," tambah Basuki.

Sebagai informasi, pembangunan jalan tol akses IKN yang saat ini sudah berjalan terdapat tiga seksi, salah satunya yakni Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km dengan progres 77%.

Kemudian, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km dengan proges 80%, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km dengan progres 82%.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Alifian Asmaaysi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper