Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Operasikan Transmisi Baru SUTET Muara Enim-Gumawang, TKDN 90%

PLN resmi mengoperasikan SUTET Muara Enim-Gumawang untuk memperkuat keandalan listrik di Sumatra Selatan dan Lampung.
Ilustrasi petugas PLN tengah memastikan kelayakan saluran udara tegangan tinggi (SUTT) sebelum infrastruktur tersebut dioperasikan/PLN
Ilustrasi petugas PLN tengah memastikan kelayakan saluran udara tegangan tinggi (SUTT) sebelum infrastruktur tersebut dioperasikan/PLN

Bisnis.com, JAKARTA — PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN resmi mengoperasikan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) Muara Enim-Gumawang yang didukung dengan dua Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) untuk memperkuat keandalan listrik di Provinsi Sumatra Selatan dan Lampung.

Dalam proses pembangunannya, PLN menggunakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 90,92% untuk SUTET dan 70% untuk GITET.

Melalui Unit Induk Pembangunan Sumatra Bagian Selatan (UIP SBS), PLN telah melakukan penyalaan pertama atau energize SUTET 275 kV yang menghubungkan antara Muara Enim – Gumawang pada Senin (7/5/2024).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, perseroan terus mendorong pembangunan Tol Listrik Sumatra yang merupakan salah satu proyek strategis nasional.

Pembangunan infrastruktur ini menjadi bukti PLN bersama pemerintah terus berupaya memberikan suplai listrik yang andal dan cukup untuk seluruh masyarakat di Tanah Air. 

“PLN akan terus berinovasi dan berjuang di garis terdepan untuk menghadirkan energi listrik yang berkualitas, andal dan berwawasan lingkungan,” kata Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo lewat siaran pers, Jumat (10/5/2024).

Darmawan mengatakan pengoperasian SUTET dan GITET berkapasitas 275 kV tersebut akan menjadi backbone kelistrikan di Sumatra Selatan dan Lampung. Dengan ini pihaknya yakin kapasitas yang ada akan mampu memenuhi setiap kebutuhan masyarakat.

"Pengoperasian infrastruktur ketenagalistrikan tersebut dilaksanakan dengan aman dan andal. Kami berharap listrik di Sumatra kedepannya akan semakin andal," imbuh Darmawan.

Pembangunan SUTET 275 kV Muara Enim – Gumawang juga didukung oleh dua infastruktur penopang berupa GITET 275 kV Muara Enim dan GITET 275 kV Gumawang 3 x 250 Mega Volt Ampere (MVA).

General Manager PLN UIP SBS, Wahidin, merinci bahwa pembangunan SUTET 275 kV Muara Enim – Gumawang terdiri atas 325 tower yang terhubung secara sistem ke Tol Listrik 275 kV Sumatra dan melintasi Kabupaten Muara Enim, Kabupaten OKU dan Kabupaten OKU Timur.

Tujuannya, kata WAhidin, SUTET akan menopang sub-sistem Sumbagsel yang saat ini memiliki beban puncak 2.512 Mega Watt (MW).

“Dengan beroperasinya SUTET, ini akan menambah kapasitas pasokan listrik pada GITET 275 kV Gumawang sebesar 3 x 250 MVA. Selain untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik, ini juga untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan investasi,” kata Wahidin.

Wahidin juga menyampaikan bahwa pembangunan SUTET dan GITET mengutamakan pengunaan komponen dalam negeri dengan nilai TKDN.

Proses pembangunan konstruksi transmisi dan gardu induk tersebut berjalan dengan lancar dengan penerapan prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) secara konsisten.

Dalam pengerjaannya, tim PLN juga berkolaborasi dengan stakeholder terkait dan masyarakat.

“PLN berupaya maksimal dengan koordinasi bersama stakeholder, memastikan kolaborasi yang baik untuk menyelesaikan pekerjaan ini,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper