Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Beli Tiket Kereta Cepat Whoosh Buat Mudik Lebaran: Online, Loket, Vending Machine di Stasiun

Berikut cara beli tiket Kereta Cepat Whoosh untuk mudik Lebaran secara online, loket, dan vending machine di stasiun.
Kereta Cepat WHOOSH./ Dok. KCIC
Kereta Cepat WHOOSH./ Dok. KCIC

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Raya IdulFitri atau Lebaran akan berlangsung sebentar lagi. Bagi Anda yang ingin mudik ke Bandung, Jawa Barat, ini cara beli tiket Kereta Cepat Whoosh secara online, loket, dan vending machine di stasiun. 

Dikutip dari situs indonesiabaik.id, Kementerian Perhubungan melalui Badan Kebijakan Transportasi bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta para pakar dan akademisi di bidang transportasi telah melakukan survei potensi pergerakan masyarakat selama Lebaran 2024.

Hasilnya adalah diperkirakan jumlah pemudik lebaran 2024 akan mencapai 193,6 juta orang atau 71,7% dari jumlah penduduk di Indonesia.

Perkiraan jumlah pemudik Lebaran 2024 apabila benar terjadi akan menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah dibandingkan lebaran pada tahun sebelumnya, seperti Lebaran 2023 mencapai 123,8 juta orang dan Lebaran 2022 mencapai 8,5 juta orang.

Masyarakat yang ingin mudik pun harus menyiapkan hal yang paling dibutuhkan, salah satunya adalah tiket transportasi. Pemesanan tiket, terutama kereta harus segera karena biasanya cepat kehabisan.

Kereta Cepat Whoosh bisa menjadi pilihan transportasi dari Jakarta-Bandung karena waktu perjalanan yang ditempuh lebih cepat sekitar 40 menit dan terhindar dari kemacetan arus lalu lintas di tol. 

Kereta Cepat Whoosh juga menjalani pemeriksaan dan perawatan prasaran untuk memastikan keselamatan penumpang yang akan mudik menjelang lebaran 2024.

Manager Corporate Communication PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Emir Monti menyampaikan ratusan petugas diarahkan untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan prasana, meliputi jalur kereta, jaringan listrik aliran atas, peralatan persinyalan & telekomunikasi, dan sound barier.

"Pemeriksaan dan perawatan di dalam jalur kereta sangat berisiko bagi keselamatan petugas, karena saat ini sudah tersedia hingga 48 perjalanan WHOOSH yang dimulai sejak pukul 06.15-21.17 WIB," Ujar Emir Monti dalam siaran pers, dikutip dari Bisnis pada Rabu (27/3/2024).

Lantas, bagaimana cara pemesanan tiket Kereta Cepat Whoosh? Mari simak dengan saksama!

Cara Beli Tiket Kereta Cepat Whoosh Online, Loket, dan Vending Machine di Stasiun

1. Online

  •  Pemesanan tiket melalui situs ticket.kcic.co.id dan bisa dimulai H-7 hingga 1 jam sebelum keberangkatan.
  • Pembayaran bisa dilakukan melalui transfer bank, QRIS, E-Wallet, kartu kredit, dan gerai retail.
  • Penumpang akan mendapatkan kode QR Code yang bisa langsung digunakan untuk boarding tanpa harus menukar tiket fisik di stasiun.
  • Selain itu, tiket Kereta Cepat Whoosh kini bisa dipesan melalui aplikasi mobile, di antaranya Whoosh, Access by KAI, Livin’ by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.


2. Vending Machine di Stasiun

  • Pemesanan dilakukan mulai H-7 hingga 30 menit sebelum keberangkatan.
  • Pembayaran hanya melalui QRIS.
  • Penumpang akan mendapatkan tiket fisik.


3. Loket Stasiun 

  •  Pemesanan dilakukan H-7 hingga 30 menit sebelum keberangkatan di loket stasiun Halim, Padalarang, atau Tegaluar
  • Pembayaran bisa melalui cash, debit, kartu kredit, dan QRIS.
  • Setelah itu, penumpang akan mendapatkan tiket fisik. (Ahmadi Yahya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper