Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Detik-Detik Kecelakaan Beruntun di Gerbang Tol Halim, Begini Kronologinya

Kecelakaan beruntun terjadi di Gerbang Tol Halim Utama pada Rabu (27/3/2024) pagi yang melibatkan 7 kendaraan. Begini kronologinya.
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman (kanan) saat mengecek kecelakaan di Gerbang Tol Halim, Rabu (27/3/2024). ANTARA/HO-Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman (kanan) saat mengecek kecelakaan di Gerbang Tol Halim, Rabu (27/3/2024). ANTARA/HO-Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) mengungkap sebanyak 7 kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di Gerbang Tol Halim Utama, pagi ini, Rabu (27/3/2024).

Senior General Manager Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Plaza Tol Cililitan, Widiyatmiko Nursejati, menuturkan kecelakaan tersebut diduga disebabkan oleh truk yang berkendara secara ugal-ugalan.

"Kendaraan truk engkel [light truck] sebabkan kecelakaan di gerbang tol Halim Utama, kendaraan datang dari arah Jatiwaringin dan berkendara secara tidak teratur mendekati Gerbang Tol Halim Utama sehingga menabrak beberapa kendaraan di depannya dan berakhir terbalik miring," jelasnya dalam keterangan resmi, Rabu (27/3/2024).

Widiyatmiko menyebut, sejauh ini terdata sebanyak tujuh kendaraan terlibat dalam kecelakaan, tidak ada korban jiwa. Namun, dua orang dilaporkan mengalami luka ringan dan dilarikan ke Rumah Sakit Polri untuk dilakukan penanganan.

Adapun, seluruh kendaraan yang terlibat sedang didata dan saat ini sedang dalam penanganan petugas di lapangan.

Sejalan dengan kecelakaan tersebut, tiga gardu tol Halim Utama ditutup sementara. Jasa Marga mengaku, saat ini pihaknya tengah mengoptimalkan kapasitas gardu yang dapat beroperasi.

"Untuk menghindari kepadatan, pengguna jalan diimbau dapat mengantisipasi rute perjalanan dan memantau update kondisi Informasi lalu lintas," pungkasnya.

Kronologi Kecelakaan Beruntun

Polda Metro Jaya membeberkan kronologi kecelakaan beruntun di Gerbang Tol Halim Utama, Bekasi yang melibatkan tujuh kendaraan.

Kasat PJR Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Hasby Ristama, menyampaikan kejadian ini memiliki dua TKP kecelakaan. TKP pertama berada di 300 meter di gardu tol, yang melibatkan Truk, Honda Brio dan Xpander.

Hasby mengatakan, kejadian ini bermula saat kendaraan truk kuning yang dikemudikan MI (18) dengan muatan berlebih mengebut hingga menabrak Honda Brio dan Mitsubishi Xpander.

"Bermula kendaraan kendaraan truk kuning BG-8420-VB pengemudi MI melebihi muatan berisi sofa menabrak kendaraan Brio dan Xpander hitam sebelum gerbang tol 300 meter," ujarnya saat dihubungi, Rabu (27/3/2024).

Kendaraan truk ugal-ugalan itu masuk gardu tiga hingga menabrak mobil Isuzu Pikap sampai terpental ke gardu lima.

"Kemudian menabrak mobil Hyundai putih B-1061-SPW selanjutnya berturut-turut menabrak mobil Box putih D-8633-YR dan truk kuning terbalik," tambahnya.

Tak berhenti disitu, Pikap Isuzu putih kemudian menabrak mobil Toyota Yaris yang tengah berada di lajur lima. Hasby menambahkan, saat ini terduga tersangka peristiwa kecelakaan ini telah diamankan pihaknya untuk dilakukan tes urine. "Terduga tersangka saat ini telah diamankan dan dilakukan tes urine," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper