Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Resmi Beroperasi, 9 Penerbangan Perintis Dibuka di Gorontalo

Masyarakat Gorontalo, Palu, dan Sulawesi Utara, terutama di daerah terdepan, terluar, tertinggal, dan perbatasan dapat menikmati penerbangan perintis baru.
Ilustrasi penerbangan perintis. / Istimewa
Ilustrasi penerbangan perintis. / Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Penerbangan perintis sebanyak 9 rute di Sulawesi Utara telah resmi beroperasi, melalui Program Angkutan Udara Perintis Tahun Anggaran 2024 oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui BLU Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas I Djalaludin di Gorontalo.

Kepala UPBU Gorontalo Joko Harjani menjelaskan Badan Usaha Angkutan Udara (BUAU) yang beroperasi melayani sembilan rute penerbangan perintis tersebut adalah Maskapai SAMS Air, menggunakan tipe pesawat DHC-6 Twin Otter dengan kapasitas maksimal 17 penumpang. 

Menurut Joko, masyarakat Gorontalo, Palu dan Sulawesi Utara terutama yang berada di daerah terdepan, terluar, tertinggal, dan perbatasan (3TP) dapat memanfaatkan penerbangan perintis tersebut, karena akses transportasi ke Manado biasanya hanya melalui kapal laut. 

"Alhamdullilah, program angkutan udara perintis Korwil Gorontalo tahun 2024 dapat terlaksana pada hari ini,” ujar Joko melalui keterangan resmi, Minggu (18/2/2024).

Terpisah, Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado Ambar Suyoko berharap angkutan udara perintis ini dapat meningkatkan konektivitas antara Gorontalo dengan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara, sehingga mempermudah aktivitas masyarakat dan menunjang pendidikan, perekonomian, kesehatan, dan juga bantuan kemanusiaan. 

Rute perintis ini, kata dia, sangat ditunggu-tunggu masyarakat. Dia juga berterima kasih karena pemerintah telah mengalokasikan anggaran untuk perintis di Korwil Gorontalo.

Manfaat yang tidak kalah penting terhadap program perintis ini yaitu berperan untuk menurunkan disparitas harga kebutuhan pokok di wilayah 3TP yang dilalui. 

Lebih lanjut Ambar menuturkan agar para Kepala UPBU yang melayani rute perintis tersebut agar melakukan pengawasan untuk  memastikan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan terpenuhi. 

Adapun angkutan udara perintis di Koordinator Wilayah (Korwil) Gorontalo ini melayani 9 rute, sebagai berikut:

• Gorontalo - Pahuwato - Palu (PP)

• ⁠Gorontalo - Buol (PP)

• ⁠Gorontalo - Bolmong - Manado (PP)

• ⁠Manado - Siau - Naha - Miangas - Melonguane (PP).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper