Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perum Bulog Pastikan Stok Beras (CBP) Cukup untuk Hadapi Lebaran

Perum Bulog memastikan stok cadangan beras pemerintah (CBP) terbilang aman hingga lebaran. Tercatat, sebanyak 1,4 juta ton beras telah disiapkan.
Perum Bulog memasok 1.000 ton beras untuk Transmart di seluruh Indonesia/ BISNIS-Ni Luh Anggela.
Perum Bulog memasok 1.000 ton beras untuk Transmart di seluruh Indonesia/ BISNIS-Ni Luh Anggela.

Bisnis.com, JAKARTA - Perum Bulog telah menyiapkan stok cadangan beras pemerintah (CBP) sebanyak sebanyak 1,4 juta ton. Diyakini stok tersebut cukup untuk menghadapi puasa dan lebaran

Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi menyatakan, stok tersebut sangat cukup untuk melaksanakan program-program pemerintah seperti bantuan pangan beras.

“Ini sangat cukup untuk kebutuhan penyaluran bantuan pangan beras sampai dengan Juni, penyaluran stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP), dan menghadapi puasa serta Lebaran,” kata Bayu dalam keterangan tertulis, Jumat (16/2/2024).

Bantuan pangan beras kembali disalurkan per 15 Februari 2024, setelah sebelumnya sempat dihentikan pada 8-14 Februari 2024 untuk menghindari adanya politisasi terhadap program tersebut.

Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat bantuan pangan beras telah terealisasi sebanyak 185.000 ton hingga 7 Februari 2024. Bantuan ini ditujukan kepada 22.004.077 atau 22 juta keluarga penerima manfaat (KPM) berdasarkan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang dikelola oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Bantuan pangan beras merupakan salah satu instrumen pemerintah dalam menjaga stabilitas harga beras yang mengalami lonjakan lantaran belum masuk musim panen.

Berdasarkan Panel Harga Bapanas Jumat (16/2/2024) pukul 12.07 WIB, rata-rata harga beras di seluruh wilayah Indonesia terus bergerak naik menjauhi harga eceran tertinggi (HET).

Adapun pemerintah menetapkan HET Rp13.900-Rp14.800 per kilogram untuk beras premium dan Rp10.900-Rp11.800 per kilogram untuk beras medium.

Harga beras premium terekam naik 0,50% menjadi Rp15.980 per kilogram, dengan harga tertinggi terjadi di Papua Tengah sebesar Rp23.830 per kilogram dan terendah sebesar Rp14.490 per kilogram di Aceh.

Lonjakan harga juga terjadi pada komoditas beras medium. Harga beras medium terkerek naik 0,22% pagi ini menjadi Rp13.980 per kilogram.

Harga beras medium tertinggi terjadi di Papua Pegunungan yakni Rp17.740 per kilogram dan terendah di Papua Selatan Rp11.800 per kilogram. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper