Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT KCIC Sediakan Park and Ride di Stasiun Kereta Cepat

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyediakan fasilitas park and ride di stasiun Kereta Cepat.
Kereta Cepat WHOOSH./ Dok. KCIC
Kereta Cepat WHOOSH./ Dok. KCIC

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyediakan fasilitas park and ride pada setiap stasiunnya untuk mendukung perpindahan masyarakat ke moda transportasi umum.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, pihaknya telah menyiapkan fasilitas park and ride di Stasiun Kereta Cepat Halim dengan kapasitas 212 mobil. Kemudian, fasilitas yang sama juga tersedia di Stasiun Kereta Cepat Tegalluar dengan kapasitas mencapai 107 mobil dan 220 motor. 

Adapun, untuk fasilitas Park and Ride di Stasiun Bandung dan Padalarang juga telah tersedia di area parkir Stasiun milik KAI.

Eva memaparkan fasilitas ini dihadirkan seiring dengan singkatnya perjalanan Jakarta-Bandung pp dengan menggunakan Kereta Cepat WHOOSH. Dia menuturkan, banyak penumpang Kereta Cepat yang bepergian diantara Jakarta dan Bandung hanya dalam 1 hari. 

“Banyak penumpang yang memanfaatkan WHOOSH pagi dari Halim, kemudian berlibur di Bandung, dan kembali ke Jakarta di malam hari. Untuk mengakomodir budaya baru tersebut, kami menyediakan fasilitas park and ride yang aman dan nyaman bagi penumpang di Stasiun Kereta Cepat,” jelas Eva dalam keterangan resminya, Selasa (9/1/2024).

Eva melanjutkan, 48% dari total penumpang kereta cepat adalah masyarakat yang sebelumnya menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju Jakarta atau Bandung. Dengan demikian, diperlukan fasilitas Park and Ride yang nyaman, agar semakin banyak masyarakat yang menggunakan transportasi Umum.

Dengan fasilitas park and ride ini, penumpang tidak perlu lagi repot-repot menggunakan kendaraan sendiri ke Bandung dan cukup memanfaatkan fasilitas parkir yang disediakan KCIC.

Selain berdasarkan jam, layanan parkir di Stasiun Kereta Cepat juga mengakomodir fasilitas menginap. Untuk kemudahan transaksi dan mendukung gerakan non tunai, pembayaran parkir di kedua stasiun kereta cepat tersebut seluruhnya sudah menggunakan Kartu Uang Elektronik.

Eva menjelaskan, KCIC bersama operator pengelola jasa parkir juga sudah menempatkan petugas dan fasilitas keamanan yang senantiasa menjaga kendaraan penumpang. Sehingga penumpang tidak perlu khawatir jika ingin menyimpan dan menitipkan mobil di area parkir stasiun Kereta Cepat.

"Berbagai fasilitas dan layanan, terus KCIC hadirkan untuk terus mendorong berbagai budaya baru di masyarakat sejak kehadiran WHOOSH. Bepergian Jakarta-Bandung dalam 1 hari dan beralih dari penggunaan transportasi pribadi ke umum merupakan hal-hal yang terus KCIC dukung melalui kehadiran WHOOSH beserta fasilitas-fasiltas pendukungnya." pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper