Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Groundbreaking IKN Tahap 3 Terancam Molor, Mengapa?

Badan Otorita IKN memberi sinyal groundbreaking IKN tahap 3 bakal mundur dari target awal pertengahan Desember 2023.
Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek jalan tol IKN (1/11/2023) - Foto: BPMI Setpres.
Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek jalan tol IKN (1/11/2023) - Foto: BPMI Setpres.

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) memberi sinyal bahwa seremonial peletakan batu pertama (groundbreaking) IKN pada Desember 2023 bakal mundur dari target yang semula bakal dilaksanakan pertengahan Desember 2023.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN, Agung Wicaksono, menjelaskan, rencana groundbreaking sejumlah paket investasi di IKN rencananya baru akan terlaksana sekitar tanggal 20 Desember 2023.

Padahal sebelumnya, OIKN menargetkan groundbreaking tahap 3 proyek IKN bakal dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pekan ini, tepatnya pada 13 dan 14 Desember 2023.

"Insya Allah minggu depan sekitar tanggal 20-an [Desember]. Kalau jadwal tentu akan ikut dari istana bagaiamana jadwal pak presiden," jelas Agung saat ditemui di Jakarta, Senin (11/12/2023).

Meski demikian, Agung memastikan bahwa OIKN akan secara optimal merealisasikan proses groundbreaking tahap 3. Dia juga menjelaskan, pihaknya bakal mengebut realisasi tersebut sebelum momentum libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

"Kita berharap semaksimal mungkin bisa tercapai karena mungkin sebagian sudah ada yang libur, tapi kita maksimal dulu sebelum libur harus sudah ada groundbreaking sebelum liburan," ujarnya.

Sementara saat ditanyai sektornya, Agung menjelaskan groundbreaking tahap 3 ini akan diramaikan oleh seremoni penanaman investasi dari beberapa perusahaan properti yang akan membangun properti hunian dan hotel.

Di samping itu, pemerintah juga kali ini diketahui bakal menyuntik pembangunan rumah sakit negeri perdana di IKN guna mendukung ekosistem di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Kemudian, dalam rangkaian groundbreaking tahap 3 juga akan dibangun sebuah green forest city terkait penghijauan, reforestasi di IKN.

"Juga ada kategori ketiga ada lembaga-lembaga pemerintah yang akan mulai membangun, tadi kan sudah ada BI kali ini ada LPS, juga kalau gak salah dari sektor pertahanan TNI polri juga sedang diupayakan untuk memulainya," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper