Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Jalan Tol Trans Sumatra Gratis saat Libur Nataru, Cek Daftarnya

Hutama Karya mengoperasikan sebanyak 5 ruas Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS)
Jalan Tol Indralaya-Prabumulih - Dok. Kementerian PUPR
Jalan Tol Indralaya-Prabumulih - Dok. Kementerian PUPR

2. Tol Binjai - Langsa

Selama momentum Nataru kali ini, Hutama Karya juga dilaporkan akan mengoperasikan secara fungsional Tol Binjai - Langsa segmen Stabat - Kuala Bingai yang membentang sepanjang 8 km.

Untuk diketahui, sebelumnya HK telah mengoperasikan Tol Binjai Langsa Seksi Stabat - Kuala Bingai pada Rabu (20/9/2023). 

Tjahjo menjelaskan, estimasi tarif JTTS Stabat - Kuala Bingai diperkirakan sebesar Rp1.262 tiap kilometernya.

"Untuk estimasi tarif segmen Stabat – Kuala Bingai akan kami informasikan setelah Kepmen tarif jalan tol ini dikeluarkan oleh Kementerian PUPR. Namun, dapat diperkirakan sekitar Rp1.262 per km-nya," tuturnya. 

3. Tol Indrapura - Lima Puluh

Tol Indrapura - Lima Puluh menjadi JTTS ketiga yang siap dioperasikan secara gratis selama momen mudik Nataru 2023. 

Untuk diketahui, ruas tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Indrapura - Kisaran yang membentang sepanjang 15 Km.

Pengoperasian ruas tersebut dilakukan seiring dengan terbitnya Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1401/KPTS/M/2023 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Indrapura – Kisaran seksi Indrapura – Lima Puluh. 

4. Tol Sigli - Banda Aceh

Selanjutnya, Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 5 - 6 (Blang Bintang - Baitussalam) yang sebelumnya telah diresmikan pada 22 Juni 2023 juga akan tetap dioperasionalkan secara gratis pada akhir tahun.

Sebagai informasi, Tol Sigli-Banda Aceh juga telah memperoleh restu lewat Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 540/KPTS/M/2023 Tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Sigli – Banda Aceh Seksi 5 – 6. 

“Kami sudah siap mengoperasikan jalan tol ini sejak menerima SLO dan Kepmen tersebut, dengan menyiapkan berbagai fasilitas dan 31 personil siaga yang terdiri dari petugas layanan operasi, paramedis & patroli,” kata Tjahjo.

5. Tol Indrapura - Tebing Tinggi

Terakhir, yakni Tol Indrapura - Tebing Tinggi yang dikelola oleh PT Hutama Marga Waskita menjadi salah satu tol yang difungsikan secara gratis pada akhir tahun.

Jalan tol ini memiliki total panjang 26,23 kilometer yang sebelumnya telah resmi difungsikan pada 10 November 2023.

Pengoperasian jalan tol ini juga telah diatur dalam Kepmen PUPR Nomor 1518/KPTS/M/2023 tanggal 25 Oktober 2023 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat Seksi 1 Tebing Tinggi – Junction Indrapura dan seksi 2 Segmen Junction Indrapura – Simpang Susun Indrapura.

"Jalan tol ini masih belum dikenakan tarif hingga terbitnya penetapan Kepmen Tarif. Namun, Hutama Karya mengimbau pengguna jalan untuk tetap melakukan tapping kartu Uang Elektronik (UE) di gerbang tol, memastikan fisik kartu UE dalam kondisi baik dan chip-nya masih berfungsi serta tetap memastikan kecukupan saldonya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper